Implementasi Program Kewanitaan tentang Berpakaian dan Berhias di SMA Negeri 1 Genteng Banyuwangi Tahun 2023

Afidah, Ulil (2024) Implementasi Program Kewanitaan tentang Berpakaian dan Berhias di SMA Negeri 1 Genteng Banyuwangi Tahun 2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi Ulil Afidah (T20191081).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Ulil Afidah, 2023: Implementasi Program Kewanitaan Tentang Berpakaian Dan Berhias Di SMA Negeri 1 Genteng Banyuwangi Tahun 2023.

Kata Kunci : Implementasi Program Kewanitaan, Berpakaian dan Berhias.

SMA Negeri 1 Genteng merupakan salah satu sekolah yang melaksanakan program kewanitaan yang merupakan sebuah pembelajaran terkait fikih wanita yang dikhususkan kepada siswi, program ini memberikan ruang tersendiri bagi siswi untuk menambah pemahaman juga ruang untuk siswa menggali pengetahuannya.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan program kewanitaan tentang berpakaian dan berhias? 2) Bagaimana pelaksanaan program kewanitaan tentang berpakaian dan berhias? 3) Bagaimana evaluasi program kewanitaan tentang berpakaian dan berhias di SMA Negeri 1 Genteng Banyuwangi Tahun 2023?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan perencanaan program kewanitaan tentang berpakaian dan berhias, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan program kewanitaan tentang berpakaian dan berhias, 3) Mendeskripsikan evaluasi program kewanitaan tentang berpakaian dan berhias di SMA Negeri 1 Genteng Banyuwangi Tahun 2023.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Teknik penentuan subjek penelitian, yakni teknik purposive dengan teknik pengumpulan data yakni: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Milen dan Huberman yang meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pada tahap perencanaan pembimbing program kewanitaan menyusun materi berupa jadwal kegiatan yang menjadi tema pembahasan setiap pertemuan sesuai dengan sumber ajar yang digunaan yaitu buku Fikih Wanita karangan Dr. Ali bin Sa’id Al-Ghamidi, Fikih Wanita Islami karangan Asy-Syaikh Shalih al-Fauzan, dan Risalah Haidl karangan KH. Muhammad Ardani bin Ahmad 2) Pada tahap pelaksanaan pebimbing menyampaikan materi yang sudah disusun sesuai jadwal yang sudah ditentukan dalam tiga tahap yaitu pendahuluan dengan pembacaan do’a yang dibuka oleh moderator dilanjutkan kegiatan inti yaitu penyampaian materi oleh pembimbing dan disimak oleh siswi dilanjutkan kegiatan penutup yaitu kesimpulan dan tanya jawab 3) Pada tahap evaluasi ini dapat diketahui oleh pembimbing untuk mengukur pemahaman dan pengetahuan siswi selama dan hasil belajar siswi, evaluasi dilakukan dengan penugasan dan tes tulis soal uraian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Ulil Afidah
Date Deposited: 20 Sep 2024 03:32
Last Modified: 20 Sep 2024 03:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36702

Actions (login required)

View Item View Item