STRATEGI KOMUNIKASI KIAI DALAM MENYAMPAIKAN PESAN POLITIK PILPRES 2024 DI KABUPATEN JEMBER

Jazhila, Liya Nikmah (0009) STRATEGI KOMUNIKASI KIAI DALAM MENYAMPAIKAN PESAN POLITIK PILPRES 2024 DI KABUPATEN JEMBER. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
1. NEW Tesis Liya Nikmah Jazhila otw Bandel.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Liya Nikmah Jazhila, 2024. Strategi Komunikasi Kiai Dalam Menyampaikan Pesan Politik Pilpres 2024 Di Kabupaten Jember

Kata Kunci : Strategi komunikasi Kiai, pesan politik, Pilpres 2024 di Kabupaten Jember

Dalam kehidupan manusia sehari-hari selalu melakukan aktifitas komunikasi Salah satunya adalah komunikasi politik. Politik yang dimaksud disini bukan hanya mengikuti alur dari partai politik saja, akan tetapi dari sikap kita mempertimbangkan baik dan buruk, untung dan rugi itu juga sudah merupakan bagian dari politik. Komunikasi dan politik, banyak ditemukan dalam elemen-elemen masyarakat terutama kiai yang ada di pesantren. Dalam berpolitik kiai memiliki strategi tersendiri untuk bisa memenangkan calon yang didukungnya, terutama yang di lakukan oleh sebagian kiai di kabupaten jember.
Fokus penelitian ini adalah 1). Bagaimana Strategi Komunikasi Kiai dalam menyampaikan pesan verbal di pilpres 2024 Kabupaten Jember 2). Bagaimana Strategi Komunikasi Kiai dalam menyampaikan pesan non verbal di pilpres 2024 di Kabupaten Jember
Tujuan penelitian ini adalah 1). Menganalisis dan mendeskripsikan Strategi Komunikasi Politik Kiai dalam menyampaikan pesan verbal di pilpres 2024 Kabupaten Jember 2). Menganalis dan mendeskripsikan Strategi Komunikasi Kiai dalam menyampaikan pesan non verbal di pilpres 2024 Kabupaten Jember
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam prosedur penelitian kualitatif akan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata lisan atau tertulis dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Peneliti nantinya akan memperoleh dan mengelolah data deskriptif melalui transkripsi wawancara, observasi menyajikan rincian menyajikan dari ringkasan data. Sehingga penulis dapat menggambarkan secara detail tentang strategi komunikasi kiai dalam menyampaikan pesan politik pilpres 2024 di Kabupaten Jember.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa Strategi Komunikasi Kiai dalam menyampaikan pesan politik pilpres 2024 di Kabupaten Jember 1). Bahwa Kiai dalam menyampaikan pesan verbal di pilpres 2024 Kabupaten Jember Kiai melakukan komunikasi langsung dengan cara persuasif keapada alumni, wali santri dan jama’ah pengajian. Beliau juga menggunakan media sosial whatshap sebagai komunikasi lebih lanjut. 2). Bahwa kiai dalam menyampaikan pesan non verbal pilpres 2024 Kabupaten Jember mengunakan gerakan tubuh atau gestur yaitu mengajungkan jarinya sesuai dengan nomor urut pilpres yang didukungnya. Hasil rekapitulasi pilpres 2024 Kabupaten Jember Capres Nomer satu Anies Muhaimin mendapatkan 261. 986 suara, Capres nomer dua Prabowo Gibran mendapatkan 463.301 suara dan capres nomer tiga Ganjar Mahfud MD Mendapatkan 215. 497 suara.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LIYA NIKMAH JAZHILA
Date Deposited: 23 Sep 2024 01:26
Last Modified: 23 Sep 2024 01:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36703

Actions (login required)

View Item View Item