Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Di MTsN 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024

Kamila, Shiffah Iksanul (2024) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Di MTsN 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SHIFFAH IKSANUL KAMILA_201101010041.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Kata kunci: Numbered heads Together (NHT) berbantun media audio visual, hasil belajar
Hasil belajar yang baik yang diberikan kepada siswa pada proses pembelajaran yang efektif dan dapat melibatkan seluruh siswa dalam pembelajaran. Dengan memberikan salah satunya memilih model pembelajaran yang tepat dan melibatkan dalam kegiatan pada satu kelompok kecil yang saling berinteraksi satu sama lain. Model pembelajaran dapat memiliki banyak tipe dalam pembelajaran salah satunya dengan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbantuan audio visual. Media audio visual dapat dilihat dan didengar sehingga memudahkan proses pembelajaran bagi siswa serta dapat memperlancar dan menjelaskan pemahaman materi pembelajaran.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbantuan audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTsN 1 Banyuwangi tahun pelajaran 2023/2024? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbantuan audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTsN 1 Banyuwangi tahun pelajaran 2023/2024.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan menggunakan pola Nonequivalent group posttest only design. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 1 Banyuwangi dengan sampel sebanyak 34 siswa dari kelas VII C kelompok eksperimen dan 34 siswa dari kelas VII H kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunaan adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Independent Sampel T-Test.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti pada hasil belajar siswa kelas eksperimen rata-rata posttest adalah 72,35 sedangkan pada hasil belajar siswa kelas kontrol rata-rata posttest adalah 69,85. Selain itu pada hasil nilai uji T menunjukkan Sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Bahwasanya dari perhitungan tersebut diketahui terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbantuan audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTsN 1 Banyuwangi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Numbered heads Together (NHT) berbantun media audio visual, hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Shiffah Iksanul Kamila
Date Deposited: 07 Oct 2024 06:11
Last Modified: 07 Oct 2024 06:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36719

Actions (login required)

View Item View Item