PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN FORMATIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS WORDWALL KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MA'ARIF CONDRO JEMBER

Fatimah, Siti (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN FORMATIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS WORDWALL KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MA'ARIF CONDRO JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Fatimah_204101040029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan instrumen asesmen formatif merupakan pengembangan berupa soal pada Kelas V mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks eksplanasi yang divalidasi oleh validator sebelum diuji cobakan kepada siswa. Uji coba instrumen asesmen formatif berbasis wordwall kepada peserta didik dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa platform wordwall untuk meningkatkan minat belajar kelas V MIMA Condro Jember.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana pengembangan instrumen asesmen formatif pada pembelajaran bahasa indonesia berbasis wordwall di madrasah ibtidaiyah ma'arif condro jember ?, 2. Bagaimana kelayakan instrumen asesmen formatif pada pembelajaran bahasa indonesia berbasis wordwall pada pembelajaran bahasa indonesia di madrasah ibtidaiyah ma'arif condro jember ?
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu : 1. Untuk mengetahui bagaimana pengembangan instrumenasesmenformatif padapembelajaran bahasa indonesia berbasis wordwall di madrasah ibtidaiyah ma'arif condro jember. 2. Untuk mengetahui bagaimana efektivitas instrumen asesmen formatif padapembelajaran bahasa indonesia berbasis wordwall pada pembelajaran bahasa indonesia di madrasah ibtidaiyah ma'arif condro jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau sering dikenal dengan istilah Reaserch and Development atau disebut juga R & D. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian ADDIE atau sering disebut dengan analysis, design, development, implementation dan evaluation yang dicetus oleh Dick and Carry (1996). Model ADDIE yang efektif lebih berfokus pada pelaksanaan tugas otentik,pengetahuan yang bersifat kompleks, dan permasalahan asli.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Produk yang dikembangkan yaitu instrumen asesmen formatif berbasis wordwall yang berisikan materi teks eksplanasi mata pelajaran bahasa indonesia 2) Secara keseluruhan analisis dari para ahli media instrumen asesmen formatif berbasis wordwall ini menunjukkan presentase sebesar 75% dengan kategori layak untuk diterapkan dalam pembelajaran, dan 3) data uji coba produk dengan melakukan respon pada peserta didik menunjukkan presentase rata-rata sebesar 92%, sehingga dapat dinyatakan instrumen asesmen formatif berbasis wordwall dinyatakan sangat layak untuk digunakan dan tidak perlu direvisi ulang.
Kata Kunci: Pengembangan Instrumen Asesmen Formatif, Wordwall, Pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fatim siiti fatimah
Date Deposited: 08 Oct 2024 03:20
Last Modified: 08 Oct 2024 03:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36721

Actions (login required)

View Item View Item