Pengaruh Promosi, Label Halal, Religiusitas, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik pada Mahasiswi FEBI Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Musaidah, Ahlam (2024) Pengaruh Promosi, Label Halal, Religiusitas, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik pada Mahasiswi FEBI Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
revisi Ahlam Musaidah Tesis 27 Sep 2024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Musaidah, Ahlam. 2024. Pengaruh Promosi, Label Halal, Religiusitas, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik pada Mahasiswi FEBI Universitas Kiai Achmad Siddiq Jember. Pembimbing 1 Dr. Ahmadiono, S.Ag.,M.E.I., Pembimbing II Dr. Siti Masrohatin, SE.,MM

Kata Kunci: Promosi, Label Halal, Regiliusitas, Harga, Citra Merek, Keputusan Pembelian.

Industri kosmetik di Indonesia memiliki potensi dan peluang yang besar. Terlihat dari peningkatan jumlah pelaku usaha yang didominasi oleh sektor UMKM yakni 83% pada tahun 2022. Hal ini menimbulkan persaingan bisnis menjadi semakin ketat. Untuk bersaing produsen harus dapat membaca apa saja faktor yang mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan dalam membeli produk kosmetik pilihannya.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Apakah promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik? (2) Apakah label halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik? (3) Apakah religiusitas berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik? (4) Apakah harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik? (5) Apakah citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik? (6) Apakah promosi, label halal, religiusitas, harga dan citra merek berpengaruh simultan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik pada Mahasiswi FEBI UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menganalisis pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian produk kosmetik. (2) Untuk menganalisis pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian produk kosmetik. (3) Untuk menganalisis pengaruh religiusitas terhadap keputusan pembelian produk kosmetik. (4) Untuk menganalisis pengaruh harga terhadap keputusan pembelian produk kosmetik. (5) Untuk menganalisis pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian produk kosmetik. (6) Untuk menganalisis pengaruh simultan promosi, label halal, religiusitas, harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk kosmetik pada Mahasiswi FEBI UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan sampel 100 Mahasiswi FEBI UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ Jember yang diambil melalui metode purposive random sampling. Analisis data menggunakan uji instrumen: validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik: uji normalitas, uji mutikolenieritas dan uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, serta uji hipotesis: uji parsial, uji simultan dan uji koefisien determinasi (R2).
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik. (2) Label Halal berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik. (3) Religiusitas tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik. (4) Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik. (5) Citra Merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik. (6) Promosi, Label Halal, Religiusitas, Harga, dan Citra Merek berprngaruh secara simultan (bersama-sama) terhadap keputusan pembelian produk kosmetik pada Mahasiswi FEBI UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: sis ahlam musaidah
Date Deposited: 09 Oct 2024 02:24
Last Modified: 09 Oct 2024 02:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36724

Actions (login required)

View Item View Item