PENERAPAN HAK KHIYAR PADA JUAL BELI DI TIKTOK SHOP PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI PADA KONSUMEN DAN PRODUKSI TIKTOK SHOP DI DAERAH KABUPATEN JEMBER)

Putri Sahri, Diony Ramadhani (2024) PENERAPAN HAK KHIYAR PADA JUAL BELI DI TIKTOK SHOP PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI PADA KONSUMEN DAN PRODUKSI TIKTOK SHOP DI DAERAH KABUPATEN JEMBER). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DIONY RAMADHANI PUTRI SAHRI _201102020009-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Menurut agama Islam, setiap transaksi bisnis yang dilaksanakan sesuai ketentuan-Nya akan bernilai ibadah. Di Islam ada hak khiyar, hak khiyar menurut Hukum Ekonomi Islam yakni hak pilih buat lanjutkan ataupun batalkan akad dalam jual beli. Barang produk yang di jual belikan di TikTok Shop sering kali menjadi permasalahan bagi para pengguna atau penjual dari segi pengiriman ada salah satu konsumen yang mengembalikan barang dengan alasan atau keluhan dari pembeli terkait ke cacatan barang atau rusak saat paket tiba dan itu membuat pengguna atau pemilik produk merasa rugi.
Oleh karena itu para pengguna atau pemilik produk barang lebih berhati hati dalam packing barang agar barang tersebut tidak mengalami kerusakan, salah satu dari kebijakan berbisnis yang amat penting buat diikuti olen penjual serta pembeli ketika bertransaksi yakni kejujuran. Akad tetapi ketika memiliki adanya akad antar penjual serta pembeli dengan adanya perjanjian maka barang yang rusak ketika tiba tidak bisa dikembalikan atau uang kembali.Fokus penelitian ini yakni : 1. Bagaimana penerapan Hak khiyar oleh Produsen dalam Jual beli di TikTok Shop di Kabupaten Jember ? 2. Apasaja problematika hak khiyar yang dialami oleh konsumen?
Metodologi penelitian ini memadukan pendekatan empiris dan kualitatif. Teknik purposive sampling digunakan untuk mengidentifikasi subjek penelitian. Metode pengumpulan data meliputi dokumentasi, wawancara, dan observasi. Tiga langkah yang dilakukan dalam analisis data dalam skripsi ini: mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan membuat kesimpulan.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa, 1) Penerapan Hak khiyar oleh produsen dalam Jual beli di TikTok Shop Kabupataen Jember yakni berdasarkan syariat islam karena telah memenuhi rukun dan syarat jual beli. Pada transaksi jual beli di TikTok Shop yang dilakukan konsumen di Daerah Kabupaten Jember termasuk ke dalam khiyar aib Karena keberadaan konsumen mendapatkan barang pesanan yang tidak sesuai serta terdapat aib (cacat) atau kerusakan barang yang mereka pesan. 2) Problematika hak khiyar yang dialami oleh konsumen yakni problematika hak khiyar yang dialami oleh konsumen dalam jual beli online di TikTok Shop di Kabupaten Jember menunjukkan bahwa terdapat beberapa tantangan yang harus diatasi. Salah satu kelemahan utama adalah ketidakmampuan pembeli untuk melihat barang secara langsung, yang menciptakan ketidakpastian dalam transaksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012701 al-Bai’ (incl. al-Khiyar)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Perempuan Diony Ramadhani Putri Sahri
Date Deposited: 10 Oct 2024 01:08
Last Modified: 10 Oct 2024 01:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36729

Actions (login required)

View Item View Item