PEMBERDAYAAN QARDHUL HASAN PADA KSPPS BMT NU JAWA TIMUR CABANG MAYANG KABUPATEN JEMBER

Al-Aluf, Wilda (2024) PEMBERDAYAAN QARDHUL HASAN PADA KSPPS BMT NU JAWA TIMUR CABANG MAYANG KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI WILDA AL-ALUF_201105010014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Wilda Al-Aluf, Retna Anggitaningsih 2024, Pemberdayaan Qardhul Hasan pada KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Mayang Kabupaten Jember.
Qardhul Hasan merupakan sejenis pinjaman yang diberikan kepada masyarakat atau pihak yang sangat memerlukan dana dalam jangka waktu tertentu tanpa harus membayar bunga atau keuntungan kepada lembaga BMT. Penerima pinjaman hanya berkewajiban untuk melunasi pinjaman pokok tanpa harus memberi tambahan apapun.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1). Bagaimana prosedur pembiayaan Qardhul Hasan pada KSPPS BMT NU Cabang Mayang Kabupaten Jember? (2). Bagaimana Pemberdayaan Qardhul Hasan pada KSPPS BMT NU Cabang Mayang Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui prosedur pembiayaan Qardhul Hasan pada KSPPS BMT NU Cabang Mayang kabupaten Jember, (2). Untuk mengetahui pemberdayaan Qardhul Hasan pada KSPPS BMT NU Cabang Mayang Kabupaten Jember.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik triangulasi, yang berarti penggabungan dari tiga teknik pengumpulan data. Dalam mengumpulkan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Prosedur pembiayaan Qardhul Hasan berjalan dengan lancar yakni dimulai dengan memenuhi persyaratan dari BMT, mengisi google form, survey lokasi, menunggu hasil dari rapat komite yang diikuti oleh kepala cabang, bagian pembiayaan, dan juga admin, Pendidikan Dasar selama tiga hari, dan terakhir pencairan, (2). Pemberdayaan Qardhul Hasan pada KSPPS BMT NU jawa Timur Cabang Mayang Kabupaten Jember dilakukan dengan dua cara yakni melalui rutinan kepada muslimat, dan pendekatan terhadap ranting-ranting NU.
Kata kunci: Qardhul hasan, BMT NU

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140203 Economic History
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Wilda Al-Aluf
Date Deposited: 14 Oct 2024 06:16
Last Modified: 14 Oct 2024 06:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36751

Actions (login required)

View Item View Item