Konsep Akuntansi Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam Melestarikan Budaya Kearifan Lokal Kuliner Studi Kasus Jajanan Tradisional Desa Kalibaru Kabupaten Banyuwangi

Romli, Ahmad (2024) Konsep Akuntansi Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam Melestarikan Budaya Kearifan Lokal Kuliner Studi Kasus Jajanan Tradisional Desa Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Khas Jember.

[img] Text
AHMAD ROMLI_E20183073.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK

Ahmad Romli, Dr. Nurul Widyawati Islami Rahayu, S,Sos, M.Si, 2024: Konsep Akuntansi Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam Melestarikan Budaya Kearifan Lokal Kuliner Studi Kasus Jajanan Tradisional Desa Kalibaru Kabupaten Banyuwangi
Dalam upayanya untuk meìmpromosikan Usaha Mikro, Keìcil, dan Meìneìngah (UMKM), khususnya meìwakili tradisi kulineìr lokal, Peìmeìrintah Kabupateìn Cianjur teìlah meìlakukan seìrangkaian pameìran. Inisiatif ini teìlah meìnawarkan platform bagi peìrusahaan lokal untuk meìmameìrkan produk meìreìka dan meìmanfaatkan warisan daeìrah.
Fokus penelitian ini adalah: 1. Bagaimana metode penjualan dan pembayaran usaha Jajanan Tradisional Desa Kalibaru Kabupaten Banyuwangi dalam mempertahankan usahanya?. 2. Bagaimana konsep pengelolaan keuangan Jajanan Tradisional Desa Kalibaru Kabupaten Banyuwangi?. 3. Bagaimana konsep bertahannya usaha Going Concern produksi Jajanan Tradisional Desa Kalibaru Kabupaten Banyuwangi?
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1. Untuk mengetahui metode penjualan dan pembayaran usaha Jajanan Tradisional Desa Kalibaru Kabupaten Banyuwangi dalam memperthankan usahanya 2. Untuk mengetahui konsep pengelolaan keuangan Jajanan Tradisional Desa Kalibaru Kabupaten Banyuwangi 3. Untuk mengetahui bagaimana konsep bertahannya usaha Going Concern Jajanan Tradisional Desa Kalibaru Kabupaten Banyuwangi
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian ini bersifat deskriptif. Teknik penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dengan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan Kesimpulan, sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah: 1. Metode penjualan yang dilakukan menggunakan metode tatap muka atau bertemu langsung, metode pembayaran secara tunai karena jumlah modal usaha yang dikeluarkan masih relatif terjangkau. 2. Konsep pengelolaan keuangannya masih sederhana atau pencatatan keuangan antara modal dan laba usaha masih belum tersistem dengan baik dalam pembukuan 3. Konsep bertahan going concern adalah dengan memberikan pelayanan yang baik dan kualitas produk usaha yang baik pula dengan mempertahankan rasa khas makanan tradisional yang nikmat dan unik sehingga jajanan tradisional mampu bertahan hingga saat ini.

Kata Kunci: Konsep Akuntansi, Metode Penjualan atau Pembayaran, Going Concern

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mr Ahmad Romli
Date Deposited: 14 Oct 2024 08:11
Last Modified: 14 Oct 2024 08:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36760

Actions (login required)

View Item View Item