PEMBELAJARAN KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALLIM DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM BLOKAGUNG BANYUWANGI

Kusairi, Achmad (2024) PEMBELAJARAN KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALLIM DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM BLOKAGUNG BANYUWANGI. Masters thesis, UIN KHAS jember.

[img] Text
Kusairi fik - watermak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Achmad Kusairi, 2024. Pembelajaran Kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim Dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Santri Di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi. Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. H. Mustajab, S.Ag, M.Pd.I., Pembimbing II: Dr. Zainal Anshari, S.Pd.I., M.Pd.I

Kata Kunci : Pembelajaran Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim Dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Santri.

Rendahnya etika dalam belajar saat ini menjadikan perhatian semua pihak terutama dilembaga pendidikan sekolah maupun lembaga pendidikan pesantren seperti halnya cara bersikap dan cara berbicara kepada seorang pendidik sudah tidak memiliki etika atau sopan santun hal yang semacam ini lah sangat menghawatirkan. Sehingga pada saat seperti inilah pembinaan akhlak sangat penting dan juga sangat diperlukan dalam proses pembelajaran.
Fokus dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana Perencanaan Pembelajaran Kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim? 2) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim? 3) Bagaimana evaluasi Pembelajaran Kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan analisis data interaktif model Miles, Huberman dan Saldana meliputi: Pengumpulan data, Kondensasi data, Penyajian data, dan Verifikasi atau Penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan Triangulasi sumber, Triangulasi teknik, Populasi dan Sampel.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Perencanaan pembelajaran Kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim? Menentukan tujuan dalam pembelajaran, metode pembelajaran, bahan pembelajaran, media atau alat pembelajaran, dan cara penyampaian pembelajaran. (2) Pelaksanaan pembelajaran Kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim? Terdiri tiga tahapan: Kegiatan Pendahuluan, Kegiatan Inti, dan Kegiatan Penutup. (3) Evaluasi pembelajaran Kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim? Evaluasi dilakukan dengan cara pengamatan secara langsung dilihat dari pengamalan santri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ACHMAD KUSAIRI
Date Deposited: 22 Oct 2024 03:08
Last Modified: 22 Oct 2024 03:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36764

Actions (login required)

View Item View Item