Pengaruh Gaya Hidup (Life Style), Literasi Keuangan terhadap Perilaku Keuangan Karyawan pada BRI (Bank Rakyat Indonesia) Kantor Cabang Jember

Holidah, Nurdiana (2024) Pengaruh Gaya Hidup (Life Style), Literasi Keuangan terhadap Perilaku Keuangan Karyawan pada BRI (Bank Rakyat Indonesia) Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI nurdiana holidah b5 watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Gaya Hidup, Literasi Keuangan, Perilaku Keuangan.

Pada kehidupan sangatlah menentukan ketika mereka berpakaian dalam kehidupan sehari-hari. Apabila karyawan semakin baik dalam mengatur gaya hidup dengan benar dan tepat maka perilaku keuangan karyawan akan semakin bagus. Literasi keuangan berpengaruh terhadap perilaku keuangan karena tingkat pemahamaan literasi dan pengelolaan keuangan yang semakin baik maka semakin baik pula perilaku keuangan. Gaya hidup dan literasi keuangan juga dapat berpengaruh terhadap perilaku keuangan, apabila karyawan semakin baik mengatur gaya hidupnya sesuai yang dibutuhkan dan memiliki pendidikan yang tinggi serta pemahaman literasi keuangan tentunya akan mengelola keuangan dengan cermat serta perilaku keuangan yang baik akan tercapai.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah gaya hidup (life style) berpengaruh terhadap perilaku keuangan karyawan pada BRI Kantor Cabang Jember? 2) Apakah literasi keuangan berpengaruh terhadap perilaku keuangan karyawan di BRI Kantor Cabang Jember? 3) Apakah gaya hidup (life style) dan literasi keuangan berpengaruh terhadap perilaku keuangan karyawan di BRI Kantor Cabang Jember?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis pengaruh gaya hidup (life style) terhadap perilaku keuangan karyawan pada BRI Kantor Cabang Jember. 2) Untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku keuangan karyawan di BRI Kantor Cabang Jember. 3) Untuk menganalisis pengaruh gaya hidup (life style) dan literasi keuangan terhadap perilaku keuangan karyawan di BRI Kantor Cabang Jember.
Pada penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori, sumber informasi yang digunakan adalah data primer dengan menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh yang hal ini dilakukan apabila jumlah populasi relatif kecil. Digunakannya sampel tersebut dengan penyebaran kuesioner (angket) menggunakan pengukuran skala likert diberikan kepada karyawan BRI Kantor Cabang Jember yang berjumlah 50 responden.
Berdasarkan hasil penelitian ini kesimpulannya bahwa, 1) Secara parsial gaya hidup tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan karyawan di BRI Kantor Cabang Jember. 2) Secara parsial literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan karyawan di BRI Kantor Cabang Jember. 3) Secara simultan gaya hidup dan literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan karyawan di BRI Kantor Cabang Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Nurdiana Holidah
Date Deposited: 18 Oct 2024 06:38
Last Modified: 18 Oct 2024 06:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36772

Actions (login required)

View Item View Item