Aini, Siti Nur (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOOKLET PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) KELAS IV DI SEKOLAH DASAR SWASTA (SDS) ISLAM ULUL ALBAB JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text (SK 058 PGMI 2024)
SITI NUR AINI-204101040009.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
Proses pembelajaran yang tidak menggunakan media menyebabkan
terjadinya pembelajaran yang tidak maksimal, terutama pada mata Pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial yang hakikatnya peserta didik menemukan sendiri suatu konsep dari materi. Kualitas pembelajaran tidak hanya diukur dari seberapa banyak materi yang disampaikan oleh guru, tetapi seberapa banyak materi yang sudah dipahami oleh peserta didik. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDS Islam Ulul Albab Jember, didapat bahwa proses pembelajaran di sekolah guru menggunakan metode ceramah dan menggunakan media pembelajaran yang monoton seperti buku cetak. Dalam proses pembelajaran peserta didik hanya duduk diam mendengar penjelasan dari guru sehingga mereka merasa bosan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1. Bagaimana Proses
Pengembangan Pengembangan Media Pembelajaran Booklet pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas IV di Sekolah Dasar Swasta Islam Ulul Albab Jember? 2. Bagaimana kelayakan Media Pembelajaran Booklet pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas IV di Sekolah Dasar Swasta Islam Ulul Albab Jember? Tujuan dari pengembangan ini yaitu : 1. Untuk menghasilkan produk dan mengetahui proses mengembangkan Media Pembelajaran Booklet pada Mata
Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas IV di Sekolah Dasar Swasta Islam Ulul Albab Jember. 2. Untuk mengetahui kelayakan Media Pembelajaran Booklet pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas IV di
Sekolah Dasar Swasta Islam Ulul Albab Jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau sering dikenal dengan istilah Reaserch and Development atau disebut juga R & D. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini ialah model penelitian ADDIE atau sering disebut dengan analysis, design, development, implementation dan evaluation yang dicetus oleh Robert Maribe Branch, berdasarkan landasan filosofis Pendidikan implementasi ADDIE harus student center, inovatif, otentik dan otentik Inspirasi. Hasil penelitian ini yaitu : 1) Produk yang dikembangkan yaitu media pembelajaran booklet yang berisikan materi berkaitan dengan Membangun Masyarakat Yang Beradab yang memuat gambar-gambar menarik, video, materi, game, dll. 2) Secara keseluruhan hasil validasi media pembelajaran dari para ahli menunjukkan presentase rata-rata sebesar 85,5% dengan kategori layak untuk digunakan dan diterapkan dalam proses pembelajaran. 3) Data uji coba didapatkan menunjukkan skor dengan presentase sebesar 90,5% yang artinya media
pembelajaran ini sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Nur Aini |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 08:47 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 08:47 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36801 |
Actions (login required)
View Item |