PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-LKPD BERBASIS PLATFORM WIZER.ME PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) SISWA KELAS IV DI SDS ISLAM ULUL ALBAB JEMBER

Qothrunnanda, Alya (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-LKPD BERBASIS PLATFORM WIZER.ME PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) SISWA KELAS IV DI SDS ISLAM ULUL ALBAB JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ALYA QOTHRUNNANDA_205101040005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB)

Abstract

Tantangan pembelajaran pada saat ini mengikuti perkembangan teknologi yang semakin canggih dan kebutuhan pembelajaran yang semakin beragam. Salah satu bahan ajar berbasis digital yang dapat menunjang proses pembelajaran yaitu E-LKPD berbasis platform wizer.me. Berdasarkan hasil observasi di kelas IVA SDS Islam Ulul Albab Jember teridentifikasi bahwa selama pembelajaran berlangsung guru hanya memberikan penugasan yang didominasi dengan mengerjakan soal-soal di buku paket, tidak ada variasi dalam memanfaatkan sumber belajar digital.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: 1) Mendeskripsikan prosedur pengembangan bahan ajar E-LKPD berbasis platform wizer.me pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) siswa kelas IV di SDS Islam Ulul Albab Jember. 2) Mengetahui kelayakan bahan ajar E-LKPD berbasis platform wizer.me pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) siswa kelas IV di SDS Islam Ulul Albab Jember. 3) Mengetahui kepraktisan bahan ajar E-LKPD berbasis platform wizer.me pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) siswa kelas IV di SDS Islam Ulul Albab Jember.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Model penelitian dan pengembangan ini yaitu Hannafin and Peck yang terdiri dari tiga fase yaitu Need Assesment (Fase Analisis Kebutuhan), Design (Fase Desain), Develop/Implement (Fase Pengembangan dan Implementasi). Dalam model ini, proses evaluasi dan revisi perlu dilakukan pada setiap fase. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian dan pengembangan bahan ajar E-LKPD berbasis platform wizer.me yaitu: 1) Pengembangan E-LKPD berbasis platform wizer.me didesain dengan menarik, terdapat video ice breaking tebak gambar, video materi pembelajaran, dan soal-soal bervariasi dengan menggunakan bahasa yang dapat dipahami oleh siswa. 2) Kelayakan bahan ajar E-LKPD berbasis platform wizer.me diperoleh berdasarkan hasil angket validasi media dengan rata-rata 92%, ahli materi dengan rata-rata 80%, ahli bahasa dengan rata-rata 92%, ahli pembelajaran dengan rata-rata 89%, maka perolehan nilai rata-rata keseluruhan yaitu 88,25% dengan kategori sangat layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran. 3) Kepraktisan bahan ajar E-LKPD berbasis platform wizer.me diperoleh berdasarkan hasil angket respon guru dan siswa, diketahui bahwa hasil angket respon guru dengan rata-rata 93%, hasil angket respon siswa dengan rata-rata 90%, maka perolehan nilai rata-rata keseluruhan yaitu 91,5%, menunjukkan bahwa bahan ajar E-LKPD berbasis platform wizer.me memiliki kepraktisan dan menarik digunakan dalam pembelajaran, khususnya materi kegiatan jual beli sebagai salah satu pemenuhan kebutuhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alya Qothrunnanda
Date Deposited: 18 Oct 2024 08:51
Last Modified: 18 Oct 2024 08:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36802

Actions (login required)

View Item View Item