Strategi Pemasaran Produk Simpanan Tabungan Umum Syariah Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing di KSPPS BMT UGT NUSANTRA Cabang Jenggawah

Aji, Mukti (2024) Strategi Pemasaran Produk Simpanan Tabungan Umum Syariah Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing di KSPPS BMT UGT NUSANTRA Cabang Jenggawah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUKTI AJI SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Mukti Aji, 2024: Strategi Pemasaran Produk Simpanan Tabungan Umum Syariah Untuk meningkatkan Keunggulan Bersaing di KSPPS BMT UGT NUSANTARA Cabang Jenggawah.

Kata Kuci: Strategi pemasaran, Tabungan Umum Syariah, BMT UGT NUSANTARA Cabang Jenggawah

Baitul Maal wa Tamwil (BMT) adalah lembaga keuangan syariah yang bertugas mengumpulkan atau menghimpun dan menyalurkan dana kepada anggotanya, biasanya dalam skala mikro. Salah satu BMT yang telah berkembang pesat adalah BMT UGT NUSANTARA, yang didirikan pada tahun 1421 H atau 2000 M, dan kini memiliki 300 kantor cabang. Salah satu cabangnya di Kabupaten Jember adalah BMT UGT NUSANTARA Cabang Jenggawah. Cabang Jenggawah ini menerapkan strategi yang efektif untuk mempromosikan produk-produknya, terutama produk tabungan, dengan tujuan menarik lebih banyak anggota atau nasabah untuk bergabung dengan KSPPS BMT UGT NUSANTARA Cabang Jenggawah.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi pemasaran produk simpanan Tabungan Umum Syariah untuk meningkatkan keunggulan bersaing di KSPPS BMT UGT NUSANTARA Cabang Jenggawah? 2) Bagaimana dampak dari strategi pemasaran produk simpanan Tabungan Umum Syariah untuk meningkatkan keunggulan bersaing di KSPPS BMT UGT NUSANTARA Cabang Jenggawah.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis strategi pemasaran produk simpanan Tabungan Umum Syariah untuk meningkatkan keunggulan bersaing di KSPPS BMT UGT NUSANTARA Cabang Jenggawah. 2) Untuk menganalisis dampak dari strategi pemasran produk simpanan Tabungan Umum Syariah untuk meningkatkan keunggulan bersaing di KSPPS BMT UGT NUSANTARA Cabang Jenggawah.
Untuk megindentifikasi permasalahan tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Metode pengumpulan data yaitu meggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode kualitatif yang bersifat induktif, dengan keabsahan data diverifikasi melalui teknik triangulasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Strategi pemasaran produk Tabungan Umum Syariah KSPPS BMT UGT NUSANTARA Cabang Jenggawah yaitu menerapkan strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 4p (produk,tempat, harga, promosi) dan menggunakan strategi pelayanan. 2) Dampak dari startegi pemasaran produk simpanan Tabungan Umum Syariah KSPPS BMT UGT NUSANTARA Cabang Jenggawah yaitu meningkanya jumlah nasabah baru, meningkatnya kepercayaan dari nasabah BMT sendiri dan menambahnya dana pihak ketiga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr MUKTI AJI
Date Deposited: 21 Oct 2024 06:44
Last Modified: 21 Oct 2024 06:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36805

Actions (login required)

View Item View Item