Penerapan analisis pembiayaan 5C, 7P, dan 3R pada produk pembiayaan UGT Modal Usaha Barokah (MUB) di KSPPS BMT UGT NUSANTARA CAPEM Jember Kota

Ghussoh, Ababal (2024) Penerapan analisis pembiayaan 5C, 7P, dan 3R pada produk pembiayaan UGT Modal Usaha Barokah (MUB) di KSPPS BMT UGT NUSANTARA CAPEM Jember Kota. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Ababal Ghussoh_205105010014-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Muhammad Ababal Ghussoh, 2024: Penerapan Analisis Pembiayaan 5C, 7P, dan 3R Pada Produk Pembiayaan UGT Modal Usaha Barokah (MUB) di KSPPS BMT UGT Nusantara Capem Jember Kota.
Kata Kunci: Penerapan Analisis pembiayaan Modal Usaha Barokah (MUB).
Lembaga keuangan Indonesia dapat dibedakan menjadi dua bentuk yaitu Lembaga Keuangan Konvensional (LKK) dan Lembaga Keuangan Syariah (LKS). Lembaga Keuangan Syariah adalah lembaga keuangan yang dalam melaksankan akad (transaksi) keuangan dilakukan dengan berdasarkan prinsip bagi hasil (keuntungan). BMT merupakan kepanjangan dari Baitul Mal Wa Tamwil, BMT menjalankan usahanya dengan prinsip syariah sehingga disebut sebagai lembaga keuangan mikro syariah (LKMS). Salah satu produk pembiayaan di BMT yaitu Produk pembiayaan Modal Usaha Barokah (MUB). BMT menggunakan sistem bagi hasil dengan adanya kesepakatan antara pihak pemilik modal (BMT) dengan pihak peminjam. Konsep tersebut dikenal dengan pembiayaan mudharabah
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan analisis pembiayaan terhadap produk pembiayaan UGT MUB di KSPPS BMT UGT Nusantara Capem Jember Kota? 2) Bagaimana efektivitas penerapan analisis pembiayaan terhadap produk pembiayaan UGT MUB di KSPPS BMT Nusantara Capem Jember Kota?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan analisis pembiayaan terhadap produk pembiayaan UGT MUB di KSPPS BMT UGT NUSANTARA CAPEM Jember Kota. 2) Untuk mengetahui bagaimana efektivitas penerapan analisis pembiayaan terhadap produk pembiayaan UGT MUB di KSPPS BMT UGT NUSANTARA CAPEM Jember Kota.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Adapun Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian MUB di KSPPS BMT UGT NUSANTARA CAPEM Jember Kota menganalisis pemberian pembiayaan dengan menggunakan analisis pembiayaaan 5C, 7P, dan 3R. Hanya ada satu point yang tidak digunakan dalam pemberian pembiayaan di BMT yaitu: party (penggolongan) dimana pihak BMT Jember Kota tidak ada penggolongan berdasarkan modal, loyalitas serta karakter, karena pihak BMT Jember Kota menghindari terjadinya ketidaknyamanan yang akan dirasakan oleh nasabah pembiayaan. Efektivitas penerapan analisis pembiayaan pada produk MUB di KSPPS BMT UGT NUSANTARA CAPEM Jember Kota yaitu adanya tolok ukur keberhasilan penerapan analisis pembiayaan 5C, 7P, dan 3R Penerapan analisis pembiayaan di KSPPS BMT UGT NUSANTARA CAPEM Jember Kota dikatakan berhasil atau efektiv karena keberhasilan penerapan analisis pembiayaan dimana dapat dilihat dari berkurangnya pembiayaan macet dan meningkatnya pembiayaan lancar setiap tahunnya. Serta pihak BMT Jember Kota juga melakukan evaluasi setiap dua minggu sekali untuk melihat kelancaran pembiayaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150205 Investment and Risk Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Ababal Ghussoh
Date Deposited: 21 Oct 2024 06:06
Last Modified: 21 Oct 2024 06:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36808

Actions (login required)

View Item View Item