Optimalisasi Peran Lembaga Amil Zakat dalam Meningkatkan Pengumpulan Dana Zakat Infaq Sedekah Melaui QRIS di Yatim Mandiri Jember

Hasanah, Siti (2024) Optimalisasi Peran Lembaga Amil Zakat dalam Meningkatkan Pengumpulan Dana Zakat Infaq Sedekah Melaui QRIS di Yatim Mandiri Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Hasanah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK

Siti Hasanah, Ana Pratiwi, 2024. Optimalisasi Peran Lembaga Amil Zakat Dalam Meningkatkan Pengumpulan Dana Zakat Infaq Sedekah Melalui QRIS Di Yatim Mandiri Jember

Kata Kunci: Optimalisasi, ZIS dan QRIS.

Dalam mewujudkan sistem pembayaran yang aman, mudah, dan efisien. Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) terus melakukan pengembangan sistem dan penuyempurnaan dalam pembayaran QRIS agar selalu efektif. Pengembangan ini bertujuan untuk mengurangi resiko pembayaran antar Bank dan peningkatan efisiensi pelayanan jasa sistem pembayaran nontunai.
Fokus penelitian yang diteliti dalam Skripsi ini adalah: 1. Bagaimana implementasi QRIS dapat meningkatkan optimalisasi pengumpulan dan pengelolaan dana ZIS oleh lembaga amil zakat (LAZ)? 2. Bagaimana manfaat penggunaan QRIS pada transparansi, akuntabilitas dalam pengelolaan dana ZIS, serta bagaimana faktor-faktor seperti kesadaran masyarakat dan perubahan perilaku transaksi memengaruhi hasil optimalisasi ini?
Tujuan Penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui implementasi QRIS dapat meningkatkan optimalisasi pengumpulan dan pengelolaan dana ZIS oleh lembaga amil zakat (LAZ). 2. Untuk mengetahui manfaat penggunaan QRIS pada transparansi, akuntabilitas dalam pengelolaan dana ZIS, serta faktor-faktor yang memengaruhi hasil optimalisasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitaif yang berjenis deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di LAZNAS Yatim Mandiri Jember. Penelitian ini berlangsung 1-2 minggu yang dimulai dari minggu-1 di bulan April dan berakhir di minggu ke-2 di bulan Mei 2024. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan 1. Pengoptimalisasian pengumpulan dan pengelolaan dana Zakat, Infaq, dan Sadaqah (ZIS) oleh Lembaga Amil Zakat (LAZ) Yatim Mandiri Jember dengan menggunakan sistem pembayaran QRIS menunjukkan potensi peningkatan kemudahan donasi, terutama bagi kalangan muda 2. Manfaat Penggunaan QRIS di Yatim Mandiri Jember telah terbukti memberikan manfaat yang signifikan dalam transparansi dan akuntabilitas pengelolaan dana Zakat, Infaq, dan Sadaqah (ZIS). QRIS memungkinkan setiap transaksi dicatat secara otomatis dan real-time, memudahkan pemantauan serta pelaporan yang akurat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Ms Siti Hasanah
Date Deposited: 21 Oct 2024 02:40
Last Modified: 21 Oct 2024 02:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36809

Actions (login required)

View Item View Item