Pemanfaatan Dana Infak melalui Program Gerakan Orangtua Asuh (GENOTA) di Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS)Yatim Mandiri Jember

Ramadhan, Naufal (2024) Pemanfaatan Dana Infak melalui Program Gerakan Orangtua Asuh (GENOTA) di Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS)Yatim Mandiri Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
watermark skripsi Naufal 2024 buat yudisium.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Abstract
Pemanfaatan dana infak merupakan pengguaan atau alokasian sumbangan sukarela yang diberikan oleh individu atau kelompok pada LAZ yatim mandiri jember pada program genota. Program genota adalah program yang memberdayakan anak yatim melalui hak asuh orang tua, yang mana program ini memiliki tahapan-tahapan didalamnya seperti mengenalkan kepada donatur, serta menjelaskan alur dan manfaat program ini.
Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana pemanfaatan dana infak melalui program genota di yatim mandiri jember dapat mensejahterakan anak yatim secara ekonomi, sosial dan Psikologi? 2) Bagaimana dampak hasil pemanfaatan dana infak melalui program genota di yatim mandiri jember dapat mensejahterakan anak yatim secara ekonomi, sosial dan psikologi?.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1)untuk mengetahui pemanfaatan dana infak melalui program genota di yatim mandiri jember. 2) untuk mengetahui bagaimana dampak hasil penyaluran dana infak melalui program genota di yatim mandiri jember.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. sementara Penentuan subjek penelitian yang dilakukan menggunakan teknik observasi kemudian teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi.Analisis data menggunakan pengumpulan data,reduksi data, penyajian data,penarikan kesimpulan,dan keabsahan data.
Hasil dari penelitian LAZNAS diyatim mandiri jember yaitu, 1) pemanfaatan dana infak di yatim mandiri jember Dana infak merupakan amalan yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari hari orang muslim, yang mana infak berarti mengeluarkan atau memberi sebagian harta atau benda yang di miliki oleh seseorang untuk orang orang yang membutuhkan demi kesejahteraan orang tersebut, 2) peningkatan kesejahteraan sosail berupa uang,tas,sepatu dan alat tulis untuk anak yatim yang membutuhkan, dampak ekonomi memberdayakan ekonomi lokal ata usaha kecil lokal yang berupa tas,sepatu di usaha lokal, dampak keagamaan mendapatkan pahala yang setimpal bagi orang yang berinfak,serta dampak psikologis dan sosial timbulnya rasa kepuasan dan kebanggaan baik bagi pemberi maupun penerima bagi dana infak, bagi pemberi berasa puas karena sudah membantu orang yang membutuhkan serta bangga karena telah berkontribusi pada kebaikan sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: MR Naufal Suci Ramadhan
Date Deposited: 21 Oct 2024 02:59
Last Modified: 21 Oct 2024 02:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36811

Actions (login required)

View Item View Item