ANALISIS KENDALA GURU MATA PELAJARAN IPS DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 ARJASA TAHUN AJARAN 2023/2024.

Nasihuddin, Moh. Alfi (2024) ANALISIS KENDALA GURU MATA PELAJARAN IPS DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 ARJASA TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MOH. ALFI NASIHUDDIN_202101090057.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya penemuan ketika peneliti tengah
melakukan kegiatan kampus dalam program kampus Pengenalan Lapangan
Pendidikan (PLP), berdasarkan hasil wawancara awal dengan Wakil Kepsek dalam
implementasi Kurikulum Merdeka di SMPN 2 Arjasa terdapat kendala yang
dihadapi guru yaitu guru tidak memiliki pengalaman dengan konsep kurikulum
merdeka belajar, keterbatasan referensi sehingga guru kesulitan dalam menemukan
rujukan dan implementasi merdeka belajar, guru terkendala dengan bahan ajar dari
pusat yang masih terbatas serta kesulitan dalam implementasi dan Proyek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), karena profil pelajar pancasila merupakan
hal baru dan guru harus megimplementasikan didalam pembelajaran.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Apa saja kendala guru IPS dalam
mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar pada siswa kelas VII di SMP
Negeri 2 Arjasa? 2) bagaimana upaya guru IPS untuk mengatasi persoalan terhadap
pengimplementasian kurikulum merdeka belajar pada siswa kelas VII di SMP
Negeri 2 Arjasa?.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi sistematik,
wawancara semi terstruktur dan studi dokumentasi. Kemudian, teknik analisis data
menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik
keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, seperti memperpanjang pengamatan,
meningkatkan ketekunan dan triangulasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kendala guru IPS dalam
implementasi kurikulum merdeka di SMP Negeri 2 Arjasa adalah yang pertama
yaitu kurangnya pemahaman guru terhadap konsep pembelajaran dalam kurikulum
merdeka. Kendala guru yang kedua yaitu kurangnya sosialisasi dan pelatihan
terhadap guru IPS dalam menerapkan kurikulum merdeka di SMP Negeri 2 Arjasa.
Kendala guru yang ketiga yaitu lemahnya guru IPS dalam menyusun perangkat
pembelajaran. 2) Upaya yang dilakukan oleh guru IPS di SMP Negeri 2 Ajasa
menyelesaikan kendala dalam pengimplementasian kurikulum merdeka, upaya
guru yang pertama yaitu dengan mengeksplorasi macam-macam gaya dalam
pembelajaran. Upaya guru yang kedua yaitu mendatangkan narasumber dan
mengikuti pelatihan secara mandiri. Upaya guru yang ketiga yaitu sharing dengan
guru lain dan memperluas ilmu pengetahuan tentang kurikulum merdeka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kendala Guru IPS, Kurikulum Merdeka, Implementasi Kurikulum Merdeka.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: MOH ALFINASIHUDDIN
Date Deposited: 21 Oct 2024 08:29
Last Modified: 21 Oct 2024 08:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36817

Actions (login required)

View Item View Item