Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Batik Tulis Al-Barokah Dalam Meningkatkan Jumlah Pendapatan di Desa Pakandangan Tengah Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep

Rahman, M Shadiqur (2024) Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Batik Tulis Al-Barokah Dalam Meningkatkan Jumlah Pendapatan di Desa Pakandangan Tengah Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi_M.Shadiqurrahman_E201922 Shadaqallah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi pemasaran, UMKM, Pendapatan.

Strategi pemasaran adalah rencana yang menggambarkan harapan perusahaan atas dampak kegiatan pemasaran yang berbeda terhadap permintaan produk di pasar sasaran yang berbeda. Pemasaran merupakan jantung dari sebuah perusahaan. Pemasaran menjadi tolak ukur pembeli dalam menentukan keputusan konsumen untuk membeli. Usaha mikro kecil menengah adalah bentuk kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dan memenuhi kriteria kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan sereta kepemilikan yang menjadi titik fokus perhatian usaha mikro kecil menengah ini adalah pemasaran, karena strategi pemasaran harus benar-benar terencana dengan matang dan baik, agar mampu menembus pasar dan mampu bersaing secara berkesinambungan dengan kondisi suatu pasar yang akan beralih menjadi Seller’s Market (kekuatan pasar terletak ditangan pejual) dan Buyyer’s Market (kekuatan pasar ditangan pembeli) akibat dari persaingan yang semakin ketat antar perusahaan yang sejenis.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1. Bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan oleh batik tulis Al-Barokah Desa pekandangan tengah Bluto sumenep? 2. Bagaimana dampak strategi pemasaran usaha mikro kecil menengah pada pendapatan batik tulis Al-Barokah desa pekandangan tengah bluto sumenep?
Tujuan penelitian yaitu 1. Untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh batik tulis Al-Barokah desa pekandangan tengah Bluto sumenep. 2. Untuk mengetahui dampak strategi pemasaran usaha mikro kecil menengah pada pendapatan batik tulis Al-Barokah desa pekandangan tengah Bluto sumenep.
Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, serta keabsahan data menggunakan triangulasi.
Hasil dari penelitian ini adalah 1. Strategi pemasaran yang diterapkan oleh batik tulis Al-Barokah yaitu dengan menggunakan 4 konsep: a) Strategi penentuan produk Batik, b) Strategi penentuan harga, c) Strategi penentuan saluran distribusi tempat, dan d) Strategi promosi. 2. Dampak strategi pemasaran usaha mikro kecil dan menengah tersebut dengan menggunakan strategi yang telah dilakukan sangat berdampak terhadap jumlah pendapatan yang diperoleh batik tulis Al-Barokah sehingga jumlah pendapatannya semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr M Shadiqur Rahman
Date Deposited: 22 Oct 2024 03:53
Last Modified: 22 Oct 2024 03:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36822

Actions (login required)

View Item View Item