ANALISIS PENDISTRIBUSIAN PUPUK BERSUBSIDI DI KABUPATEN BONDOWOSO PERSPEKTIF FIQH MUAMALAH

Fadilah, Nur (2024) ANALISIS PENDISTRIBUSIAN PUPUK BERSUBSIDI DI KABUPATEN BONDOWOSO PERSPEKTIF FIQH MUAMALAH. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI NUR FADILAH NEW (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Kata kunci : Distribusi, Pupuk Bersubsidi, Fiqh muamalah
Agama islam merupakan sebuah agama yang mengajarkan segala hal kepada kita terutama dalam pertanian. Dalam menjalankan pertanian seorang petani dalam melancarkan penanamannya membutuhkan pupuk. Akan tetapi kondisi ekonomi setiap petani berbeda sehingga pemerintah memberikan pupuk bersubsidi. Dalam undang-undang Nomor 19 tahun 2013 yang memerintahkan harus tepat guna, mutu, dan sasaran. Pada kenyataan di lapangan banyak petani di Bondowoso mengalami kesulitan dalam mendapatkan pupuk bersubsidi. Permasalahan sudah pasti terjadi seiring bertambahnya zaman. Namun islam dapat bersanding dengan semua itu seperti halnya pendistribusian pupuk bersubsidi ini yang termasuk dalam hukum islam dengan cabang ilmu yaitu Fiqh Muamalah.
Fokus penelitian yang dibahas dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana sistem pendistribusian pupuk bersubsidi di Kabupaten Bondowoso? 2) Bagaimana sitem pendistribusian pupuk bersubsidi di Kabupaten Bondowoso Menurut Fiqh Muamalah?
Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan mendiskripsikan sistem pendistribusian pupuk bersubsidi di Kabupaten Bondowoso, 2) Untuk mengetahui dan menganalisis pendistribusian pupuk bersubsidi Menurut Fiqh Muamalah
Dalam melakukan penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian empiris yaitu dengan menerapkan pendekatan sosiologis atau pendekatan sosial dengan terjun secara langsung ke lapangan.
Penelitian ini sampai pada simpulan : 1) sistem pendistribusian pupuk bersubsidi di Kabupaten Bondowoso memiliki sebuah sistem yang runtut dari pemerintahan pusat hingga daerah. Dalam pendistribusian pupuk bersubsidi bekerja sama antara perusahaan yang ditunjuk dengan pemerintahan terkait baik kabupaten dan dinas pertanian kabupaten. Pelaksanaan pengawasan dengan PLP yang selanjutnya dilaporkan dan diajukan kepada pemerintah. Didalam sistem ini memiliki beberapa kendala yakni keterlambatan pengiriman, permasalahan sistem penginputan dan juga pendataan yang tidak sesuai. Dengan tindakan sesuai ranah masing-masing baik sanksi undang-undang dan juga berupa bantuan oleh pihak tertentu. 2) Sistem pendistribusian pupuk bersubsidi di Kabupaten Bondowoso Menurut Fiqh Muamalah ini merupakan sebuah transaksi jual beli dengan sistem Muhathoh atau bisa disebut Muwadho’ah, yang terkandung juga didalamnya sebuah keadilan pemerintah dengan menjalankan sistem berupa pemberian hibah terhadap masyarakat terutama petani.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180119 Law and Society
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180126 Tort Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012716 al-Hibah (Hadiah)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Nur Fadilah
Date Deposited: 22 Oct 2024 07:36
Last Modified: 22 Oct 2024 07:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36824

Actions (login required)

View Item View Item