PROGRAM PESANTREN DALAM MEMBANGUN LIFE SKILL SANTRI PONDOK PESANTREN NAHDLATUL ARIFIN KEDUNGKAJI SUMBEREJO AMBULU

Hidayat, Sugeng (2024) PROGRAM PESANTREN DALAM MEMBANGUN LIFE SKILL SANTRI PONDOK PESANTREN NAHDLATUL ARIFIN KEDUNGKAJI SUMBEREJO AMBULU. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK 198 PAI 2024)
SoftFile_Sugeng Hidayat 202101010037.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci: Program Pesantren, Life Skill,Santri
Pesantren sebagai lembaga pendidikan islam tidak hanya berfokus pada pendidikan keagamaan saja, terutama pada era globalisasi sekarang ini para santri harus dibekali program kecakapan hidup (life skill) untuk persiapan mereka bekerja. Pada realitanya, banyak para santri setelah lulus dari pondok pesantren mereka langsung bekerja. Namun, karena kurangnya kecakapan yang dimiliki, para santri lulusan pesantren kesulitan untuk mendapatkan lapangan pekerjaan.
Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana program pesantren sebagai lembaga pendidikan dalam membangun life skill santri Pondok Pesantren Nahdlatul Arifin Kedungkaji Sumberejo Ambulu?, 2) Bagaimana pelaksanaan program pesantren dalam membangun life skill santri Pondok Pesantren Nahdlatul Arifin Kedungkaji Sumberejo Ambulu?, 3) Bagaimana pandangan masyarakat tentang program pesantren dalam membangun life skill santri Pondok Pesantren Nahdlatul Arifin Kedungkaji Sumberejo Ambulu?
Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan program pesantren sebagai lembaga pendidikan dalam membangun life skill santri Pondok Pesantren Nahdlatul Arifin Kedungkaji Sumberejo Ambulu, 2) Mendeskripsikan program pesantren dalam membangun life skill santri Pondok Pesantren Nahdlatul Arifin Kedungkaji Sumberejo Ambulu, 3) Mendeskripsikan pandangan masyarakat tentang program pesantren dalam membangun life skill santri Pondok Pesantren Nahdlatul Arifin Kedungkaji Sumberejo Ambulu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan oleh peneliti selama di lapangan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil dari penelitian ini meliputi: 1) Pondok Pesantren Nahdlatul Arifin Kedungkaji Sumberejo Ambulu melalui pengurus pondok telah menerapkan programnya sebagai lembaga pendidikan yang tidak berfokus pada keilmuan agama saja, melainkan pengurus juga membekali para santri dengan kecakapan hidup atau life skill. Adapun life skill yang ada dipesantren ini adalah Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) las untuk santri putra non formal dan juga pelatihan multimedia kepada para santri putri non formal. 2) Pelaksanaan program dalam membangun life skill santri Pondok Pesantren Nahdlatul Arifin Kedungkaji Sumberejo Ambulu menjadikan santri memiliki keterampilan yang dibutuhan masyarakat, para santri memiliki pengakuan kompetensi dibuktikan dengan adanya sertifikat yang dimiliki, dan para santri menyebarkan konten dakwah melalui media sosial. 3) Pandangan masyarakat tentang program pesantren dalam membangun life skill santri menjadikan masyarakat sekitar merasakan dampak positif dari adanya pelatihan-pelatihan yang ada di pesantren, sehingga masyarakat dapat meminta bantuan tenaga para santri untuk menyambung besi atau mengelas dan juga masyarakat menjadi lebih tertarik pada konten-konten media Pondok Pesantren Nahdlatul Arifin Kedungkaji Sumberejo Ambulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tn Sugeng Hidayat
Date Deposited: 25 Oct 2024 06:57
Last Modified: 19 Nov 2024 07:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36840

Actions (login required)

View Item View Item