Fitriyah, Lailiyatul (2024) Keteladanan Guru Dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Kelompok A Di RA Ulul Albab Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pembelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text (SK 035 PIAUD 2024)
skrispi laily 1 (1) (1).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Keteladanan guru adalah salah satu cara untuk mengembangkan
kemandirian anak yang berusia 3-4 tahun. Mengingat bahwa metode yang di
terapkan di lingkungan sekolah RA Ulul Albab yaitu metode pembiasaan, karena
dengan metode tersebut tergolong metode yang memudahkan dan dapat ditiru
langsung oleh anak didik sehingga dapat memudahkan anak didik lebih mandiri.
Pentingnya kemandirian anak dapat melakukan banyak hal dan aktifitas lain yang
bermanfaat bagi dirinya sendiri dan menjadikan kepribadian yang berguna di
kehidupan kelak tanpa dibantu setiap waktu secara berlebihan.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana keteladanan guru dalam hal
membimbing dan mengarahkan tingkah laku anak kelompok A di RA Ulul
Albab? 2) Bagaimana guru dalam mengembangkan kemandirian anak kelompok
A di RA Ulul Albab?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menteladani guru dalam membimbing dan
mengarahkan tingkah laku anak kelompok A di RA Ulul Albab.
2)Mengembangkan kemandirian anak kelompok A di RA Ulul Albab.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Penentuan subyek menggunakan Teknik purposive. Analisis
data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldanaa yang meliputi tiga
tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Pengumpulan data melalui tiga tahapan yaitu wawancara, observasi, dan
dokumen. Keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber dan Triangulasi
teknik.
Hasil penelitian menunjukkan, pertama keteladanan guru dapat
membimbing dan mengarahkan tingkah laku pada anak kelompok A di RA Ulul
Albab Kaliwates Jember. Mengetahui bahwa pentingnya keteladanan guru yang
dapat mempengaruhi pada perilaku anak, sebab tanpa keteladanan anak tidak
mendapatkan bimbingan dan arahan pada guru ketika berada di lingkugan sekolah
RA Ulul Albab Kaliwates Jember serta panutan atau contoh yang baik. Kedua,
Kemandirian yang berkembang pada anak kelompok A di RA Ulul Albab
Kaliwates Jember. Mengajarkan anak untuk mandiri perlu tahapan-tahapan
tersendiri dari mencontohkan, mengarahkan, membiasakan anak dalam aktivitas
sehari-hari agar dengan tahapan-tahapan tersebut dapat mengembangkan
kemandirian pada anak kelompok A di RA Ulul Albab Kaliwates Jember.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Miss Lailiyatul Fitriyah |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 03:42 |
Last Modified: | 22 Nov 2024 03:38 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36853 |
Actions (login required)
View Item |