PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DART BOARD (PAPAN LEMPAR) PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADIS DI MTsN 10 BANYUWANGI

Salsabilatul Azizah, Sayyidatus Salma (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DART BOARD (PAPAN LEMPAR) PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADIS DI MTsN 10 BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI_SALMA ..-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Pada Pra Penelitian yang telah dilaksanakan di MTsN 10 Banyuwangi.
Media yang digunakan masih menggunakan buku siswa yang berisi gambar dan
ayat ayat yang tertera di buku tersebut, ataupun dengan menggunakan ppt yang
dimana itu ditampilkan untuk lebih menarik siswa. Selain itu, peneliti juga
melakukan wawancara guru kelas 7B yang mengatakan sudah marak penggunaan
media pembelajaran sebagai alat bantu dalam penyampaian materi, namun media
yang ada di sekolah pun masih kurang memadai dalam menarik minat siswa pada
saat pembelajaran Al-Qur’an Hadis. Media pembelajaran yang ada kurang
menarik untuk anak sehingga masih ada yang sedikit bosan ketika pembelajaran
ini.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan sebuah produk media
pembelajaran yang berupa Media Pembelajaran Dart Board (papan lempar) dalam
mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di kelas VII.
Untuk mencapai tujuan tersebut, maka peneliti menggunakan jenis
penelitian (R&D) Research and Development dan model pengembangan yang
diikuti adalah model pengembangan Borg and Gall. Teknik yang digunakan untuk
pengambilan data adalah wawancara, observasi dan angket. Data kuantitatif dan
kualitatif diambil menggunakan Skala Likert.
Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berupa Media
Pembelajaran Dart Board (papan lempar) dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadis
di kelas VII. Berdasarkan validasi yang sudah dilakukan dengan dosen ahli materi
dapat disimpulkan bahwa mendapatkan skor rata-rata 94% atau bisa dikategorikan
sangat baik, sehingga tidak perlu revisi dan bisa melakukan uji coba lapangan.
Sedangkan dosen ahli media dapat disimpulkan bahwa mendapatkan skor rata-rata
86% atau bisa dikategorikan baik, sehingga tidak perlu revisi dan bisa melakukan
uji coba lapangan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk Media
Pembelajaran Dart Board (papan lempar) dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis
di Kelas VII MTsN 10 Banyuwangi yang telah dibuat oleh peneliti layak
digunakan dalam proses pembelajaran Al-Qur’an Hadis. Kemudian dalam uji
coba awal pada penelitian dilakukan pada 6 orang siswa dan mendapatkan
kesimpulan skor rata rata 88% atau bisa dikategorikan baik dan tidak revisi. Dan
pada uji coba kedua yang dilakukan pada 30 orang siswa dan mendapatkan
kesimpulan skor rata rata 92% atau bisa dikategorikan sangat baik dan tidak
memerlukan revisi. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dart board
(papan lempar) ini dapat dimanfaatkan oleh siapapun yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Salma Sayyidatus Salsabilatul Azizah
Date Deposited: 29 Oct 2024 06:46
Last Modified: 29 Oct 2024 06:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36881

Actions (login required)

View Item View Item