Etika Profesi Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Pelayanan Pendidikan Di Sekolah Menengah Pertama Bustanul Makmur Banyuwangi

Hayati, Novia Afatal (2024) Etika Profesi Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Pelayanan Pendidikan Di Sekolah Menengah Pertama Bustanul Makmur Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK 090 MPI 2024)
SKRIPSI NOVIA AFATAL HAYATI acc ok WATERMARK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Novia Afatal Hayati, 2024: Etika Profesi Tenaga Kependidikan dalam Meningkatkan Pelayanan Pendidikan di SMP Bustanul Makmur Banyuwangi

Kata Kunci: Etika Profesi, Tenaga Kependidikan, Pelayanan Pendidikan

Etika profesi merupakan landasan moral yang penting dalam memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas. Karena etika profesi merupakan suatu sikap profesional yang bertujuan untuk mengembangkan tugas serta menerapkan norma etis pada bidang profesi dalam kehidupan manusia. Etika profesi dibuat dengan tujuan agar seseorang lebih profesional dalam bertindak sesuai dengan aturan dan menghindari tindakan yang tidak sesuai dengan etika profesi. Selain itu, baik tidaknya suatu lembaga itu bisa dilihat dari pelayanan sekolah tersebut.
Adapun fokus penelitianya yaitu : Bagaimana strategi etika profesi tenaga kependidikan dalam meningkatkan pelayanan pendidikan dan Apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat tenaga kependidikan dalam meningkatkan pelayanan pendidikan di SMP Bustanul Makmur Banyuwangi? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mendeskripsikan strategi etika profesi tenaga kependidikan dalam meningkatkan pelayanan pendidikan dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat tenaga kependidikan dalam meningkatkan pelayanan pendidikan di SMP Bustanul Makmur Banyuwangi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang sudah terkumpul akan dianalisis dengan menggunakan deskriptis kualitatif teori milik Lexy J. Moleong. prosedur analisis data yang dimulai dari proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data. keabsahan data peneliti menggunakan kredibilitas data atau triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini yaitu : 1) Strategi yang diterapkan oleh tenaga kependidikan dalam beretika yang professional yaitu dengan berkomunikasi yang baik dan sikap tenaga administrasi ketika melayani orang lain harus merasa dibawah orang yang dilayani. 2) Faktor yang mendukung peningkatan pelayanan pendidikannya yaitu sikap loyal yang dimiliki kepala sekolah, adanya aplikasi buma system, reward kepada karyawan, tenaga administrasi yang membantu proses pendaftaran peserta didik ke jenjang selanjutnya. Sedangkan Faktor yang menghambat peningkatan pelayanan pendidikan yaitu data-data yang mau dimasukan ke dalam aplikasi buma system terkadang tidak lengkap dan seringnya terjadi gangguan pada jaringan saat menginput data data ke aplikasi buma system, serta kurangnya kesadaran diri dari beberapa peserta didik jika mau mendata pendaftaran kejenjang selanjutnya tidak langsung datang keruang tata usaha, hal tersebut membuat pihak staf tata usaha menjadi kesulitan mencari peserta didik tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Novia Afatal Hayati
Date Deposited: 04 Nov 2024 02:53
Last Modified: 21 Nov 2024 03:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36893

Actions (login required)

View Item View Item