Oktaningrum, Renata (2024) PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM PEMBENTUKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMA NEGERI 3 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
skripsi renata revisi sidang_compressed.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
Renata Oktaningrum, 2024: Penerapan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Pembentukan Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.
Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam, Profil Pelajar Pancasila.
Penelitian ini dilakukan berdasarkan ketertarikan penulis karena mengetahui bahwa di SMA Negeri 3 Jember mempunyai visi dan misi yang berkaitan dengan pembentukan Profil Pelajar Pancasila. Kurikulum Merdeka hadir
tidak hanya merancang sebuah pembelajaran berdasarkan minat dan bakat peserta didik, tetapi juga menekankan pentingnya kreativitas dan kesenangan dalam
proses belajar. Kurikulum ini ingin mengangkat kembali ajaran Ki Hajar Dewantara dalam menghidupkan nilai-nilai Pancasila. Melalui Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti, kita secara sadar membentuk generasi yang berakhlak mulia dan memahami ajaran Islam sebagai panduan dalam kehidupan sehari-hari.
Pendidikan tidak hanya menguatkan karakter Islami, tetapi juga mendukung pembangunan karakter bangsa yang berlandaskan Pancasila.
Fokus dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana rumusan tujuan pembelajaran pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam pembentukan Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 3 Jember? 2) Bagaimana materi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
dalam pembentukan Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 3 Jember? 3) Bagaimana strategi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
dalam pembentukan Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 3 Jember? 4) Bagaimana evaluasi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam pembentukan Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 3 Jember?
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik penentuan subyek dengan purposive sampling.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik interaktif
Miles dan Huberman. Uji keabsahan data pada penelitian ini triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa: 1) Rumusan tujuan
pembelajaran pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti ; guru harus memahami capaian pembelajaran, sehingga mampu merumuskan TP dan ATP; guru mengikuti pelatihan; membuat modul ajar sesuai dengan kriteria. 2) Materi pada
pembelajaran PAI dan Budi Pekerti meliputi: Al-Qur‘an dan Hadis, Akidah, Akhlak, Fikih dan SPI. Pembelajaran diferensiasi yang berhasil diterapkan guru
pada materi Al-Qur‘an dan evaluasi. 3) Strategi pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti pada materi elemen akhlak dengan PjBL melalui Pop Up Book mampu
meningkatkan keterampilan siswa, seperti kemampuan komunikasi, kerja sama, kolaborasi, berpikir kritis, dan kreativitas. 4) Evaluasi pada pembelajaran PAI dan
Budi Pekerti meliputi evaluasi pembelajaran yang mencakup asesmen formatif dan sumatif. Evaluasi proses membantu proses refleksi guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Renata Oktaningrum |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 06:35 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 06:35 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36896 |
Actions (login required)
View Item |