Akla, Ana (2024) Penguatan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Menggunakan Metode Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri Ambulu. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Ana Rofikhotul Akla_202101010046.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Ana Rofikhotul Akla, 2024: “Penguatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Menggunakan Metode Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri Ambulu”
Kata Kunci: Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Metode Tutor Sebaya, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Ambulu, yang mana pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas X menerapkan metode tutor sebaya untuk membimbing kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Hal ini dilakukan karena masih terdapat beberapa siswa yang belum benar dalam membaca Al-Qur’an, khususnya pada segi tajwid dan makhrijul huruf nya.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan penguatan kemampuan membaca Al-Qur’an menggunakan metode tutor sebaya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas X.10 SMA Negeri Ambulu tahun pelajaran 2023/2024?; 2) Bagaimana pelaksanaan penguatan kemampuan membaca Al-Qur’an menggunakan metode tutor sebaya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas X.10 SMA Negeri Ambulu tahun pelajaran 2023/2024?; 3) Bagaimana evaluasi penguatan kemampuan membaca Al-Qur’an menggunakan metode tutor sebaya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas X.10 SMA Negeri Ambulu tahun pelajaran 2023/2024?.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan penguatan kemampuan membaca Al-Qur’an menggunakan metode tutor sebaya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas X.10 SMA Negeri Ambulu tahun pelajaran 2023/2024; 2) Mendeskripsikan pelaksanaan penguatan kemampuan membaca Al-Qur’an menggunakan metode tutor sebaya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas X.10 SMA Negeri Ambulu tahun pelajaran 2023/2024; 3) Mendeskripsikan evaluasi penguatan kemampuan membaca Al-Qur’an menggunakan metode tutor sebaya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas X.10 SMA Negeri Ambulu tahun pelajaran 2023/2024.
Peneltian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis field research. Teknik penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data Miles, Huberman, dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan untuk keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Guru membuat modul ajar, memilih siswa untuk dijadikan sebagai tutor, dan membentuk kelompok sebelum pelaksanaan: 2) Pelaksanaan dilakukan sesuai dengan langkah-langkah metode tutor sebaya; 3) Pada saat penilaian praktik membaca Al-Qur'an diperoleh peningkatan atau perkembangan yang baik pada kemamapuan membaca Al-Qur’an siswa kelas X.10 yang ditandai dengan bacaan tajwid dan pelafalan makhrijul hurufnya sudah baik dan benar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Ana Rofikhotul Akla |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 06:48 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 06:48 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36898 |
Actions (login required)
View Item |