Pemanfaatan situs duplang sebagai sumber belajar ilmu pengetahuan sosial di sekolah menengah pertama negeri 2 kalisat jember

Kholida, Diana (2024) Pemanfaatan situs duplang sebagai sumber belajar ilmu pengetahuan sosial di sekolah menengah pertama negeri 2 kalisat jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq.

[img] Text (SK 078 IPS 2024)
DIANA KHOLIDA_201101090022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul "Pemanfaatan Situs Duplang Sebagai Sumber Belajar IPS di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kalisat, Jember".
Kata Kunci: Pemanfaatan situs, Situs Duplang, Sumber belajar
Situs Duplang, sebagai salah satu situs megalitikum yang kaya akan peninggalan sejarah, dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPS di SMPN 2 Kalisat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan guru IPS, siswa, serta ahli sejarah lokal yang memiliki pengetahuan tentang Situs Duplang. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif untuk mendapatkan gambaran pemanfaatan situs tersebut dalam proses pembelajaran dan bagaimana strategi-strategi yang diterapkan di sekolah mampu meningkatkan pemahaman siswa.
Duplang sebagai warisan budaya lokal dan bagaimana situs tersebut memiliki potensi untuk menjadi sumber belajar yang kontekstual bagi siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini berkisar pada dua pertanyaan utama: (1) Bagaimana nilai sejarah Situs Duplang sebagai sumber belajar IPS di SMPN 2 Kalisat? dan (2) Bagaimana strategi pemanfaatan Situs Duplang dalam pembelajaran IPS di SMPN 2 Kalisat?. Tujuan dari penelitian ini, mendeskripsikan nilai sejarah Situs Duplang sebagai sumber belajar IPS di SMPN 2 Kalisat dan ,endeskripsikan strategi pemanfaatan Situs Duplang dalam pembelajaran IPS di SMPN 2 Kalisat.
Kajian teori mengenai pembelajaran kontekstual, sejarah lokal, dan peran situs sejarah dalam pendidikan terkait pemanfaatan situs sejarah sebagai sumber belajar, serta bagaimana hal tersebut dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran dan pemahaman mereka terhadap sejarah.
Pendekatan penelitian yang digunakan, yaitu metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informasi diperoleh dari guru IPS, siswa SMPN 2 Kalisat, serta ahli sejarah terkait Situs Duplang. Analisis data dilakukan melalui teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
hasil penelitian yang menunjukkan bagaimana Situs Duplang telah dimanfaatkan dalam pembelajaran IPS di SMPN 2 Kalisat. Beberapa strategi pemanfaatan meliputi kunjungan lapangan, diskusi kritis tentang perubahan sosial dan budaya, serta proyek penelitian sederhana yang melibatkan siswa. Penelitian ini menemukan bahwa pemanfaatan Situs Duplang secara efektif mampu meningkatkan keterlibatan siswa, mengembangkan keterampilan analisis mereka, serta menumbuhkan kesadaran akan pentingnya warisan budaya lokal. Temuan penelitian, yang menunjukkan bahwa Situs Duplang memiliki nilai yang signifikan sebagai sumber belajar ips. Situs ini memungkinkan siswa untuk belajar secara kontekstual dan lebih mendalam, terutama dalam memahami sejarah lokal. Beberapa strategi pemanfaatan yang berhasil diterapkan di SMPN 2 Kalisat termasuk kunjungan lapangan, diskusi kelompok, dan proyek penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Skripsi Diana Kholida
Date Deposited: 07 Nov 2024 07:13
Last Modified: 20 Nov 2024 03:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36915

Actions (login required)

View Item View Item