Kusuma, Nada Febrianti (2024) Penerapan Metode Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri Sukorambi Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text (SK 077 IPS 2024)
Nada Febrianti Kusuma_202101090008.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nada Febrianti Kusuma, 2024: Penerapan Metode Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri Sukorambi Jember
Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Metode TGT (Teams Games Tournament), Pembelajaran IPS
Pembelajaran adalah proses kegiatan yang melibatkan interaksi antara guru, siswa, dan sumber belajar. Guru diharapkan mampu menciptakan pembelajaran yang interaktif dan berkualitas serta menyesuaikan kegiatan mengajarnya dengan gaya belajar dan karakteristik peserta didik. Dengan menggunakan metode pembelajaran guru akan memberikan pengalaman pembelajaran yang menarik salah satu metode pembelajaran di SMPN Sukorambi yaitu dengan menggunakan metode TGT (Teams Games Tournament)
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini yaitu:1. Bagaimana Perencanaan Metode Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII SMPN Sukorambi Jember?, 2. Bagaimana Penerapan Metode Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII SMPN Sukorambi Jember?, 3. Bagaimana Evaluasi Metode Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII SMPN Sukorambi Jember?
Tujuan dalam skripsi ini yaitu:1. Mendeskripsikan Perencanaan Metode Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII SMPN Sukorambi Jember, 2. Mendeskripsikan Penerapan Metode Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII SMPN Sukorambi Jember. 3. Mendeskripsikan Evaluasi Metode Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII SMPN Sukorambi Jember
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis Data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber yaitu untuj menguji kredibilitas data dengan cara mengecek data yang diperoleh melalui beberapa sumber dan Triangulasi teknik yaitu pengumpulan data yang bersifat menggabungkan dari berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu:1). Perencanaan pembelajaran metode TGT (Teams Games Tournament) guru menyiapkan modul ajar dan media yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan siswa. 2) Penerapan pembelajaran guru membentuk kelompok dan bermain game turnament berbantuan aplikasi wordwall. 3) pada evaluasi guru melakukan evaluasi yang berkaitan dengan sikap, pengetahuan, keterampilan, dan sosial peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mrs Nada Febrianti |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 07:17 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 03:29 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36926 |
Actions (login required)
View Item |