Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Mewujudkan Sekolah Ramah Anak di SMP Negeri 7 Jember

Ariadi, Muhammad Rafly (2024) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Mewujudkan Sekolah Ramah Anak di SMP Negeri 7 Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text (SK 204 PAI 2024)
Muhammad Rafly Ariadi_202101010054_compressed.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Peran Guru, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Sekolah Ramah Anak
Sekolah seharusnya menjadi lingkungan yang aman dan nyaman bagi anak-anak dalam belajar. Tapi kenyataannya masih banyak terjadi kasus kekerasan yang terjadi di sekolah. Hal tersebut apabila terus dibiarkan akan menyebabkan kurangnya peserta didik merasa kurang aman dan nyaman dalam belajar di sekolah. sehingga penerapan program Sekolah Ramah Anak (SRA) perlu diterapkan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan peserta didik dalam belajar di sekolah.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1). Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sebagai pengajar dalam mewujudkan sekolah ramah anak di SMP Negeri 7 Jember. 2). Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sebagai teladan dalam mewujudkan sekolah ramah anak di SMP Negeri 7 Jember. Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sebagai fasilitator dalam mewujudkan sekolah ramah anak di SMP Negeri 7 Jember?
Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penentuan subjek pada penelitian ini menggunakan Teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil Penelitian ini adalah: 1) Peran guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sebagai pengajar dalam mewujudkan sekolah ramah anak di SMP Negeri 7 Jember , guru membuat peserta didik merasa aman dan nyaman dengan penataan kelas yang menarik disesuiakan dengan peserta didik, membuat modul pembelajaran yang sesuai kebutuhan peserta didik, menyampaikan pembelajaran dengan menyenangkan dan mengaitkan pembelajaran dengan materi lingkungan wujud pelaksanaan program Adiwiyata. 2) Peran guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sebagai teladan dalam mewujudkan sekolah ramah anak di SMP Negeri 7 Jember memberikan contoh yang baik kepada peserta didik melalui diri sendiri dengan datang ke sekolah tepat waktu, bersikap baik dan tepat waktu dalam sholat berjamaah, selain itu guru juga memberikan pemahaman dan mengarahkan peserta didik dalam bersikap. 3) Peran guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sebagai fasilitator dalam mewujudkan sekolah ramah anak di SMP Negeri 7 Jember menyediakan fasilitas pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak seperti menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran, memberikan waktu khusus bagi peserta didik yang kesulitan dalam belajar dan mendukung peran aktif peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler hadrah dan pokja rohis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Rafly Ariadi
Date Deposited: 08 Nov 2024 02:19
Last Modified: 19 Nov 2024 08:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36938

Actions (login required)

View Item View Item