“Pendekatan Interdisipliner Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Al-Furqon Jember TahunPelajaran 2019/2020”

ATIQ KHURUL ‘AIN, - (2020) “Pendekatan Interdisipliner Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Al-Furqon Jember TahunPelajaran 2019/2020”. Undergraduate thesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Institut Agama Islam NegeriJember.

[img] Text
ATIQ KHURUL ‘AIN_084 9317011.pdf

Download (7MB)

Abstract

Atiq Khurul ‘Ain, 2020. “Pendekatan Interdisipliner Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Al-Furqon Jember TahunPelajaran 2019/2020”. Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Institut Agama Islam NegeriJember. Pembimbing I: Prof Dr. H. Moh. Khusnuridlo ,M.Pd, Pembimbing II: Dr. H. Mashudi, M. Pd. Kata Kunci: Pembelajaran PAI, Pendekatan Interdisipliner. Pembelajaran merupakan perpaduan dari dua aktivitas, yaitu aktivitas mengajar dan belajar. Aktivitas mengajar menyangkut peranan seorang pendidik dalam konteks mengupayakan terciptanya jalinan komunikasi harmonis antara mengajar itu sendiri dengan belajar. Terkait pendekatan yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan interdisipliner. Pendekatan Interdisipliner adalah kerjasama antar satu ilmu dengan ilmu lain sehingga merupakan satu kesatuan dengan metode tersendiri. Ditinjau dari dua disiplin ilmu yaitu psikologi dan sosial. Adapun fokus dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimana Perencanaan Pendekatan Interdisipliner dalam Pembelajaran PAI di SMP Al-Furqon Jember Tahun 2019/2020? (2) Bagaimana Pelaksanaan Pendekatan Interdisipliner dalam Pembelajaran PAI di SMP Al-Furqon Jember Tahun 2019/2020 (3) Bagaimanakah Hasil Proses Pendekatan Interdisipliner dalam Pembelajaran PAI di SMP Al-Furqon Jember Tahun 2019/2020?. Adapun Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah (Field Reseacrch/field Work), selanjutnya Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun Analisis Data menggunakan tiga tahapan yaitu kondensi data, penyajian data, dan kesimpulan/ varifikasi. Hasil temuan menunjukkan: Pertama Perencanaan pembelajaran disusun pendidik dalam jangka waktu tertentu, hal ini disesuaikan dengan kurikulum, materi dan kebutuhan akan proses pembelajaran. Dalam pembelajaran harus disesuaikan dengan materi yang akan dikaji, metode, tempat pembelajaran, strategi bahkan media yang ada disekolah yang mendukung proses pembelajaran Pendekatan Interdisipliner yang diajarkan dalam pembelajaran PAI lebih menjurus pada nilai-nilai keislaman, mudah dalam memahami PAI, dan tingkat keminatan lebih tinggi. Sehingga menjadikan anak aktif dan antusias dalam pelaksaan pembelajaran. Kedua Terdapat interaksi sosial yang menjadi dasar proses pembelajaran serta aspek psikologi yang harus dikuasai oleh pendidik. Sosial dalam interaksi antar pendidik, pendidik dengan peserta didik, serta antar peserta didik. Pendekatan Interdisipliner dilatarbelakangi oleh pengintegrasian antar mata pelajaran satu dengan mata pelajaran lain. Ketiga hasil proses, peserta didik dapat memiliki pandangan yang lebih luas. Karena didukung oleh pemaduan mata pelajaran satu dengan lainnya. Serta menganalisis berkas pendidik terkait penilaian pendidik terhadap peserta didik. Yang kedepannya dijadikan acuan dalam pengevaluasian pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 18 Mar 2022 01:55
Last Modified: 18 Mar 2022 01:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3694

Actions (login required)

View Item View Item