Putra, Rizqi Tajuddin Alisyah (2024) Manajemen Kelas Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik di SMP Al-Yasini Kraton Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Text (SK 091 MPI 2024)
Skripsi_Rizqi Tajuddin Alisyah Putra-compressed.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
Kata Kunci : Manajemen Kelas, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Kreativitas Peserta Didik, SMP Al-Yasini Kraton
Sekolah Menengah Pertama Al-Yasini Kraton merupakan salah satu sekolah tingkat SLTP yang mendapatkan izin dari pengasuh Pondok Pesantren untuk melaksanakan program TIK yang mana peserta didik di perbolehkan membawa laptop masing-masing. Pembelajaran TIK untuk mengenal lebih dini terkait pengenalan software, hardware serta bagaimana cara mengoprasionalkan dan juga peserta didik di tuntut untuk bisa membuat hasil karya yang sekreatif mungkin dari desain grafis, video editing, fotoshop. Program ini dibuat untuk memberikan ketrampilan kepada peserta didik dan bisa mengembangkan kretivitasnya.
Fokus penelitian ini adalah: 1. Bagaimana perencanaan Manajemen Kelas Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik di SMP Al-Yasini Kraton Kabupaten Pasuruan? 2. Bagaimana pelaksanaan Manajemen Kelas Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik di SMP Al-Yasini Kraton Kabupaten Pasuruan? 3. Bagaimana evaluasi Manajemen Kelas Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik di SMP Al-Yasini Kraton Kabupaten Pasuruan?
Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan perencanaan Manajemen Kelas Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik di SMP Al-Yasini Kraton Kabupaten Pasuruan. 2. Mendeskripsikan pelaksanaan Manajemen Kelas Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik di SMP Al-Yasini Kraton Kabupaten Pasuruan. 3. Mendeskripsikan evaluasi Manajemen Kelas Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik di SMP Al-Yasini Kraton Kabupaten Pasuruan.
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yang diwawancarai yakni: Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Sarpras, Kesiswaan, Guru TIK dan Siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil kesimpulan dari penelitian ini : 1. Perencanaan Manajemen Kelas Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik di SMP Al-Yasini Kraton Kabupaten Pasuruan yaitu : menyusun modul ajar yang mana mengacu pada visi, misi dan tujuan sekolah. 2. Pelaksanaan Manajemen Kelas Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu : dilakukan untuk memberikan ketrampilan TIK sejak dini kepada peserta didik. 3. Evaluasi Manajemen Kelas Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu : untuk mengetahui kekurangan manajemen kelas yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan dan hasilnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 10 TECHNOLOGY > 1006 Computer Hardware > 100605 Performance Evaluation; Testing and Simulation of Reliability 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Rizqi Tajuddin Alisyah Putra |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 02:23 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 03:45 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36940 |
Actions (login required)
View Item |