Widad, Dina Nury Sofwatul (2024) Implementasi Konsep Moderasi Beragama Islam Dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text (SK 191 PAI 2024)
SKRIPSI DINA NURY SW (1) (1)_compressed.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Dina Nury Sofwatul Widad, 2024, Implementasi Konsep Moderasi Beragama Islam dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Jember.
Kata Kunci : Konsep Moderasi Beragama Islam, Karakter Peduli Sosial Siswa
Pendidikan tidak hanya tentang penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi saja, tetapi juga pembentukan karakter atau perilakunya. Salah satu aspek penting dalam pembentukan karakter adalah peduli sosial, yaitu kesadaran dan tanggung jawab untuk membantu orang lain dan masyarakat secara umum. Dalam konteks masyarakat Islam, konsep moderasi beragama Islam (wasathiyah) menawarkan kerangka kerja yang kuat untuk membentuk karakter peduli sosial. Wasathiyah atau moderasi dalam konsep Islam yang menekankan keseimbangan, tengah-tengah, dan moderasi dalam semua aspek kehidupan, termasuk agama, sosial, dan politik.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan implementasi konsep moderasi beragama Islam tawasuth dalam membentuk karakter peduli sosial siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Jember. (2) Mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung pada implementasi konsep moderasi beragama Islam tawasuth dalam membentuk karakter peduli sosial siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan dan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Implementasi konsep moderasi beragama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Jember berperan penting dalam membentuk karakter peduli sosial siswa. Konsep ini diterapkan melalui pembelajaran di mata pelajaran seperti Al-Qur’an Hadist, Akidah Akhlak, SKI, dan Fikih, serta kegiatan lainnya. Sikap tawasuth, sebagai prinsip moderasi, mengedepankan nilai persaudaraan (ukhuwah) dan toleransi (tasamuh), yang mendorong siswa untuk hidup berdampingan dengan berbagai latar belakang. Toleransi tersebut merupakan salah satu indikator pembentukan karakter peduli sosial. Contoh konkret dari toleransi ini terlihat dalam kegiatan kerja bakti, di mana siswa diajak saling membantu tanpa membedakan latar belakang, sehingga memperkuat ikatan sosial di antara mereka. (2) Faktor pendukung pada implementasi konsep moderasi beragama Islam dalam membentuk karakter peduli sosial siswa MTs Negeri 6 Jember yaitu faktor pendukung yang ada dan sangat didukung oleh pihak sekolah mulai dari pembelajaran, kegiatan, sarana dan prasarana, lingkungan, serta dukungan verbal, dan siswa yang sangat memahami masukan guru. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu siswa yang minim pengetahuannya, minat belajar yang kurang, minat membaca yang kurang, kepribadian siswa yang beragam, dan kedisiplinan siswa yang kurang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Perpustakaan Dina Nury Sofwatul Widad |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 08:35 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 06:48 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36943 |
Actions (login required)
View Item |