Penerapan metode Teams games tournament (TGT) untuk mengoptimalkan hasil belajar berbasis kelompok pembelajaran IPS kelas VIIl di MTsN 3 Jember

Rohmah, Delilatur (2024) Penerapan metode Teams games tournament (TGT) untuk mengoptimalkan hasil belajar berbasis kelompok pembelajaran IPS kelas VIIl di MTsN 3 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text (SK 080 IPS 2024)
DELILATUR ROHMAH _ 202101090038.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Teams Games Tournament adalah salah satu metode pembelajaran yang menggunakan permainan dalam kegiatan pembelajaran yang dapat dimanfaatkan sebagai metode pembelajaran baru saat kegiatan pembelajaran berlangsung agar siswa lebih bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, Penelitian ini menggunakan pendekatan kooperatif, dengan metode pengumpulan data melalui observasi, tes, angket dan dokumentasi, Penelitian ini bertujuan dalam mengoptimalkan hasil belajar berbasis kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan menggunakan metode Team Games Tournament (TGT) di kelas VIII di MTsN 3 Jember. Metode Teams Games Tournament (TGT) dipilih karena dipercaya dapat memperbaiki interaksi dan kerjasama antar siswa dalam proses pembelajaran Teams Games Tournament merupakan salah satu metode pembelajaran dengan menggunakan permainan dalam kegiatan pembelajaran
Fokus penelitian ini adalah: (1). Bagaimana penerapan metode Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan kinerja kelompok pada pembelajaran IPS di kelas VIII MTsN 3 Jember? dan (2). Bagaimana metode Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan pemahaman materi IPS di kelas VIII di MTsN 3 Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: (1). Mendeskripsikan efektivitas metode TGT dalam meningkatkan kinerja kelompok pada pembelajaran IPS di kelas VIII MTsN 3 Jember. (2). Mendeskripsikan bagaimana metode TGT dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi IPS di kelas VIII MTsN 3 Jember.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan pendekatan kooperatif. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan, yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian melibatkan 28 siswa kelas VIII D.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kelas mengalami peningkatan minat belajar siswa, hasil angket pada siklus I menunjukkan minat belajar sebesar 21,52%, dan meningkat menjadi 22,92% pada siklus II. Dari hasil penelitian ini, menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa di kelas VIIl D. yang menunjukkan bahwa metode Teams Games Tournament (TGT ) efektif dalam meningkatkan hasil belajar berbasis kelompok di kelas VIII di MTsN 3 Jember.Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pendidik dalam memilih strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan partisipasi aktif dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Metode Teams Games Tournament (TGT), Kinerja kelompok, Hasil
Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160801 Applied Sociology, Program Evaluation and Social Impact Assessment
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160807 Sociological Methodology and Research Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: S.Pd Delilatur Rohmah
Date Deposited: 18 Nov 2024 04:41
Last Modified: 18 Nov 2024 04:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36950

Actions (login required)

View Item View Item