Firdani, Farissa Ferinda Dias (2024) Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Melalui Model Pembelajaran RADEC Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas IX Sekolah Menengah Pertama Al Furqan Jember 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text (SK 190 PAI 2024)
Digilib Skripsi_Farissa Ferinda D.F.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (117MB) |
Abstract
Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kreatif, Model Pembelajaran RADEC, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Penelitian ini dilatar belakangi dari adanya peserta didik yang belum memiliki minat dan seringkali merasa bosan ketika jam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang menggunakan model ceramah saja. Maka dalam hal ini, penting bagi pendidik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk melakukan inovasi dan menjadi fasilitator dalam segi kreativitas peserta didik supaya tujuan dari pendidikan tercapai dengan baik. Model Pembelajaran RADEC akronim dari gabungan kata berbahasa inggris Read yang berarti membaca, Answer artinya menjawab, Discuss memiliki arti berdiskusi, Explain presentasi, Create mengkreasi menjadi salah satu alternatif dari model pembelajaran inovatif yang dapat Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Fokus penelitian dalam skripsi ini diantaranya: 1) Bagaimana Peningkatan keterampilan berpikir kreatif Flexibility (Keluwesan) melalui Model Pembelajaran RADEC pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti? 2) Bagaimana Peningkatan keterampilan berpikir kreatif Originality (Originalitas) melalui Model Pembelajaran RADEC pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti? 3) Bagaimana Peningkatan keterampilan berpikir kreatif Elaboration (Elaborasi) melalui Model Pembelajaran RADEC pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti?.
Tujuan dari adanya penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan meningkatnya keterampilan berpikir kreatif Flexibility (Keluwesan), Originality (Originalitas), Elaboration (Elaborasi) melalui Model Pembelajaran RADEC pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian berada di kelas IX SMP Al Furqan Jember. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data Miles and Huberman digunakan dengan tahapan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data hingga penarikan kesimpulan dan varivikasi. Triangulasi sumber dan triangulasi teknik dilakukan untuk menguji keabsahan data.
Hasil dalam penelitian ini adalah ketika melalui serangkaian tahap (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) dapat ditemukan: 1) Keterampilan berpikir kreatif Flexibility dengan peserta didik memiliki kemampuan dalam situasi pengaitan, situasi pengorganisasian, dan perencanaan berbeda jawaban 2) Keterampilan Berpikir Kreatif Originality dengan peserta didik dapat menghasilkan hal-hal baru 3) Keterampilan Berpikir Kreatif Elaboration atau elaborasi dibuktikan dengan peserta didik dapat membedakan ide, memecahkan masalah dengan prosedur, dan menghasilkan sesuatu yang bernilai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Farissa Ferinda |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 03:48 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 06:46 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36956 |
Actions (login required)
View Item |