Rahmah, Tarisya Alfida (2024) Penerapan Metode Make A Match Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Siswa Di Kelas VIID SMPN 14 Jember Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text (SK 213 PAI 2024)
T20191196 TARISYA ALFIDA RAHMAH.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Motivasi belajar merupakan segala sesuatu yang ditujukan untuk mendorong atau memberikan semangat kepada seseorang dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran agar menjadi lebih giat serta dapat memperoleh prestasi yang lebih baik. Metode Make A Match merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang dimana pembelajaran tersebut dilakukan dengan cara mencari pasangan soal dan jawaban pada lembar yang sudah dibagikan oleh guru sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
Adapun identifikasi masalah dalam penelitian ini berupa 1) Motivasi belajar siswa masih relatif rendah (2) Metode mengajar yang digunakan guru masih kurang bervariasi (3) Siswa tidak memperhatikan guru saat kegiatan pembelajaran berlangsung, dan lebih memilih berbicara dengan teman. Permasalahan yang dapat diangkat dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode Make A Match dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas VIID SMPN 14 Jember tahun ajaran 2023/2024? 2) apakah metode Make A Match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas VIID SMPN 14 Jember tahun ajaran 2023/2024?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk memperbaiki suasana pembelajaran yang ada di kelas. Adapun penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, di mana setiap siklus mengikuti prosedur perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Teknik pengumpulan data yang menggunakan observasi, angket (kuesioner), wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pada siklus 1 metode Make A Match diterapkan dengan berkelompok guru menyiapkan 20 kartu yang berisi soal/jawaban, guru membagi siswa menjadi 5/6 kelompok, guru meminta siswa untuk menemukan pasangan soal/jawaban dengan waktu 5 menit, siswa yang dapat menemukan pasangan soal/jawaban mendapat reward. Sedangkan siklus 2 diterapkan dengan cara setiap individu yaitu guru menyiapkan 16 kartu soal/jawaban, guru meminta siswa untuk mencari pasangan dari soal/jawaban tersebut. Siswa yang berhasil mendapatkan pasangan dari soal/jawaban dalam 5 menit akan mendapatkan reward. (2) hasil penelitian ini menunjukkan hasil analisis data pada tahap pra siklus perolehan rata-rata angket motivasi belajar siswa dengan presentase sebesar 73%. Dari hasil analisis data pada tahap siklus I diperoleh rata-rata presentase angket motivasi belajar siswa sebesar 75%. Sedangkan pada tahapan siklus II diperoleh rata-rata presentase hasil angket motivasi belajar siswa sebesar 79%. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Make A Match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di kelas VIID SMPN 14 Jember tahun ajaran 2023/2024.
Kata Kunci: Metode Make A Match, Motivasi Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Tarisya Rahmah |
Date Deposited: | 13 Nov 2024 01:27 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 08:41 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36959 |
Actions (login required)
View Item |