Hikmah, Ilda Efriyanatul (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Digital Berbasis Literasi Numerasi Materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) Mata Pelajaran Matematika Kelas V MIN 3 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achamad Siddiq Jember.
Text (SK 065 PGMI 2024)
Ilda Efriyanatul Hikmah_214101040019.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (12MB) |
Abstract
Kebutuhan penggunaan media pembelajaran untuk mendukung hasil
belajar siswa baik di sekolah maupun di luar sekolah sangatlah penting. Terutama
pada materi KPK dan FPB yang fokus pada konsep literasi numerasi dalam
kehidupan sehari-hari. Proses pembelajaran yang kurang efektif, tanpa media
yang praktis, dapat mengalihkan fokus siswa dari materi ke media pembelajaran. Oleh karena itu, dikembangkan buku saku digital berbasis literasi numerasi
sebagai sarana pembelajaran yang mendukung siswa,baik di sekolah maupun
di luar sekolah.
Penelitian ini merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana desain
pengembangan media pembelajaran buku saku digital berbasis literasi numerasi
pada materi KPK dan FPB mata pelajaran matematika siswa kelas v MIN 3
Jember? (2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran buku saku digital berbasis
literasi numerasi pada materi KPK dan FPB mata pelajaran matematika siswa
kelas v MIN 3 Jember? (3) Bagaimamana kepraktisan media pembelajaran buku
saku digital berbasis literasi numerasi materi KPK dan FPB mata pelajaran
matematika siswa kelas v MIN 3 Jember? (4) Bagaimamana keefektifan media
pembelajaran buku saku digital berbasis literasi numersi materi KPK dan FPB mata
pelajaran matematika siswa kelas v MIN 3 Jember? Tujuan penelitian ini yaitu:
(1) Untuk mendeskripsikan desain pengembangan media pembelajaran buku saku
digital berbasis literasi numerasi materi KPK dan FPB mata pelajaran matematika
siswa kelas v MIN 3 Jember (2) Untuk mendeskripsikan kelayakan desain
pengembangan media pembelajaran buku saku digital berbasis literasi numerasi
materi KPK dan FPB mata pelajaran matematika siswa kelas v MIN 3 Jember (3)
Untuk mendeskripsikan kepraktisan desain pengembangan media pembelajaran
buku saku digital berbasis literasi numerasi materi KPK dan FPB mata pelajaran
matematika siswa kelas v MIN 3 Jember (4) Untuk mendeskripsikan keefektifan
desain pengembangan media pembelajaran buku saku digital materi KPK dn FPB
mata pelajaran matematika siswa kelas v MIN 3 Jember.
Pengembangan buku saku digital berbasis literasi numerasi menggunakan
metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang
mencakup lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi,
angket, dan tes.
(1)Penelitian menunjukkan pengembangan buku saku digital berbasis
literasi numerasi melalui pembuatan cover, halaman-halaman, lembar panduan,
kunci jawaban, dan versi digital. (2) Kelayakan buku saku oleh ahli media sebesar
92% dan ahli materi 96%, keduanya dalam kategori sangat layak, serta layak oleh
pengguna skala kecil. (3) Kepraktisan menurut guru 96% (sangat praktis) dan
siswa 83,28% (praktis). (4) Efektivitas mencapai 65% dengan kategori efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010301 Numerical Analysis |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs. Ilda Efriyanatul Hikmah |
Date Deposited: | 13 Nov 2024 04:06 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 02:49 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36981 |
Actions (login required)
View Item |