IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN SOFT SKILL DAN HARD SKILL SISWA JURUSAN IPS DI SMA NEGERI 1 WONGSOREJO

Hidayat, Moh. Rian (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN SOFT SKILL DAN HARD SKILL SISWA JURUSAN IPS DI SMA NEGERI 1 WONGSOREJO. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK 089 MPI 2024)
Bagi Moh Rian Hidayat_T20193033.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan idealnya memiliki peran yang penting dalam memajukan suatu bangsa,
yang diharapkan dari pendidikan dapat mencerdaskan generasi muda agar mampu
mengembangkan potensi dalam dirinya, serta memiliki pola pikir secara kritis dan dinamis.
sistem pendidikan di indonesia mengalami berbagai perubahan. Salah satunya perubahan
sistem kurikulum yang ada di instansi pendidikan.Kurikulum merdeka adalah kurikulum
yang saat ini sedang diperkenalkan secara meluas oleh Kemendikbud kepada tiap satuan
pendidikan yang ada di Indonesia. Kurikulum ini memang tidak dipaksakan untuk secara
sekaligus diterapkan oleh seluruh sekolah mengingat bahwa kesiapan sekolah tentu
berbeda-beda.
Pada Fokus Penelitian peneliti meliputi tiga aspek diantaranya : 1) Bagaimana
Implementasi kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Wongsorejo? 2) Bagaimana
Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Soft skil siswa jurusan IPS di
SMA Negeri 1 Wongsorejo? 3) Bagaimana Bagaimana Implementasi Kurikulum Merdeka
dalam Meningkatkan Hard skil siswa jurusan IPS di SMA Negeri 1 Wongsorejo ? Yang
mana penelitian ini ditujukan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana proses
Implementasi kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Wongosrejo, Implementasi Kurikulum
Merdeka dalam Meningkatkan Soft skil siswa jurusan ips, serta Implementasi Kurikulum
Merdeka dalam Meningkatkan Hard skil siswa jurusan IPS di SMA Negeri 1 Wongsorejo.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif, adapun jenis penelitian ini berupa fenomenologis dengan metode pengumpulan
data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis datanya dikerjakam
mulai dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
hasil dari penelitian yaitu: 1. Implementasi kurikulum merdeka diantranya melalui
proses perencanaaan Kurikulum merdeka dengan sosialisasi ataupun workshop,
pelaksanaan kurikulum dengan melakukan asesmenatau penyusunan proses pembelajaran,
dan evaluasi kurikulum merdeka dengan melakukan penilaian pemahaman sisawa. 2.
Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Soft Skill Siswa Jurusan IPS
diantranya dengan perencanaan kurikulum merdeka dalam meningkatkan sosft skill siswa
dengan melakukan asesmen disgnostik, rapat waka kurikulum danpara guru dalam
menentukan proses pembelajaran yangvakan dilaksanakan, pelaksanaan kurikulum
merdeka dalam meningkatkan soft skill siswa dengan melakukan pembelajaraan berbasis
diskusi dengan harapan bisa menumbuhkan siswa dalam berfikir secara kreatif ,inovati,
kritis, dan memiliki jiwa kepemimpinan, serta kemampuan komukasi yang baik. Evaluasi
kurikulum merdeka dalam meningkatkan soft skill siswa dengan guru melihat atau menilai
kegiatan diskusi yang dilkuakan dalam proses pembelajaran dengan melihat kemampuan
siswa berdiskusi dan berfikir yang kritis.3. Implementasi kurikulum merdeka dalam
meningktakan hard skill siswa jurusan IPS ialah diawali dengan perencanaan kurikulum
merdeka dalam meningkatkan hard skill siswa dengan melakukan asesmen atau
pengelompokan kepada siswa delam menentukan masing-masing minat dan bakatnya,
pelaksanan kurikulum merdeka dalam men ingkatkan soft skill siswa dengan melkukan
kegiatan tataboga dan kewirausahaan salam satu minggu dan m,engikuti bazar dilam
maupun diluar lingkungan sekolah, evaluasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan hard
skill siswa dengan guru melihat bagaimana siswa melakukan pemasaran porduknya
Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Soft Skill dan Hard Skill

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Moh Rian Hidayat
Date Deposited: 13 Nov 2024 06:23
Last Modified: 13 Nov 2024 06:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36999

Actions (login required)

View Item View Item