Implementasi Mengelola Kelas Untuk Meningkatkan Minat Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Jelbuk Tahun Pelajaran 2023/2024

Amri, Meilinda Rizky (2024) Implementasi Mengelola Kelas Untuk Meningkatkan Minat Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Jelbuk Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text (SK 071 IPS 2024)
Meilinda Rizky Amri_201101090005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Keterampilan mengelola kelas merupakan keterampilan dasar yang harus
dimiliki seorang guru. Keterampilan mengelola kelas adalah cara guru dalam
menciptakan dan mempertahankan Susana serta kondisi belajar yang optimal dan
mengembalikannya jika timbul hambatan pada saat proses kegiatan belajar
mengajar berlangsung. Keterampilan mengelola kelas tujuannyadalah untuk
meningkatkan minat belajar siswa yang berhubungan dengan gaya gerak yang
mendorong seseorang untuk menghadapi atau berurusan dengan orang, kegiatan,
benda dan pengalaman yang dirangsang oleh kegiatan itu sendiri.
Pada penelitian ini memiliki fokus penelitian yaitu : 1) bagaimana
implementasi keterampilan mengelola kelas untuk meningkatkan minat belajar
Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 JELBUK tahun
pelajaran 2023/2024? 2) apa saja hambatan saat implementasi keterampilan
mengelola kelas untuk meningkatkan minat belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 JELBUK tahun pelajaran 2023/2024?
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui implementasi keterampilan
mengelola kelas untuk meningkatkan minat belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 JELBUK. 2) Untuk mengetahui apa saja
hambatan saat implementasi keterampilan mengelola kelas untuk meningkatkan
minat belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VIII di SMP Negeri 1
JELBUK.Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus yang dimana untuk
memahami fenomena tentang apa yang telah dialami oleh subjek penelitian.
Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara,
kuesioner/angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni
kondensasi data, penyajian data, dan penarik simpulan. Keabsahan data yang
digunakan peneliti yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Kesimpulan yang diperoleh pada hasil penelitian ini adalah 1)
implementasi keterampilan mengelola kelas untuk meningkatkan minat belajar
IPS siswa kelas VIII di SMPN 1 JELBUK sudah dilakukan dengan baik dengan
memperhatikan beberapa aspek yaitu yang pertama menunjukkan sikap tanggap,
kedua memberikan perhatian, ketiga memusatkan perhatian kelompok, keempat
modifikasi tingkah laku siswa, kelima pemecahan masalah kelompok. 2)
hambatan saat implementasi keterampilan mengelola kelas untuk meningkatkan
minat belajar IPS siswa kelas VIII di SMPN 1 JELBUK yang pertama yaitu
kesulitan mengendalikan tingkah laku siswa, dan yang kedua adalah kesulitan
siswa dalam membaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Skripsi Meilinda Rizky Amri
Date Deposited: 13 Nov 2024 06:19
Last Modified: 20 Nov 2024 02:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37001

Actions (login required)

View Item View Item