Digitalisasi Layanan Informasi Pengembangan Kampus UIN KHAS Jember

Gufron, Muhammad (2024) Digitalisasi Layanan Informasi Pengembangan Kampus UIN KHAS Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text (SK 072 KPI 2024)
Skripsi Gufron Final Game Over WM OK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Digitalisasi, layanan informasi, pengembangan kampus

UIN KHAS Jember merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi keagamaan islam negeri di Jawa Timur yang terus berupaya meningkatkan kualitas layanan dan komunikasi dengan berbagai stakeholders. Salah satu inisiatif strategis yang dilakukan adalah digitalisasi layanan informasi pengembangan kampus melalui platform online. Dalam hal ini rektor UIN KHAS Jember Prof. Dr. H. Hepni, S.Ag., M.M., CPEM dan Kepala TIPD Dr. Subakri mengatakan untuk mewujudkan digitalisasi dan integrasi layanan publik harus terus dilakukan. Selain itu dekan FEBI Dr. Ubaidillah. M.Ag, juga menekankan pentingnya digitalisasi untuk meningkatkan pelayanan informasi kepada mahasiswa. Namun dalam pelaksanaannya masih banyak layanan informasi yang disampaikan melalui digital belum sepenuhnya diterapkan mulai dari komunikasi yang transparan, informasi yang tidak konsisten, dan tidak adanya feedback di media sosial. Dalam hal ini, yang mana mahasiswa selaku konsumen utama dari digitalisasi layanan informasi ini. Sehingga peneliti ingin mengetahui efektivitas digitalisasi layanan informasi terutama terhadap mahasiswa sebagai publik internal di UIN KHAS Jember.
Fokus Penelitian ini yaitu 1) Bagaimana pelaksanaan digitalisasi layanan informasi pengembangan kampus di UIN KHAS Jember? 2) Bagaimana efektivitas digitalisasi dapat meningkatkan kepercayaan mahasiswa sebagai publik internal di UIN KHAS Jember?
Tujuan Penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui pelaksanaan digitalisasi layanan informasi pengembangan kampus di UIN KHAS Jember 2) Untuk mengetahui efektivitas digitalisasi dapat meningkatkan kepercayaan mahasiswa sebagai publik internal di UIN KHAS Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, guna memberikan penjelasan dalam permasalahan yang akan di jabarkan dalam penelitian ini dan dapat disimpulkan secara deduktif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Selanjutnya untuk analisis data menggunakan model Huberman yang mana terdiri dari : 1) Data collection (pengumpulan data); 2) Data reduction (reduksi data); 3) Data display (penyajian data) 4) Conclusion Drawing (verifikasi data).
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan digitalisasi layanan informasi pengembangan kampus di UIN KHAS Jember telah memanfaatkan fasilitas teknologi yang canggih seperti Website, Instagram, TikTok, Facebook dan YouTube yang mana informasi diberikan dengan menggunakan audiovisual dan infografis. Kemudian terkait efektivitas digitalisasi dalam meningkatkan kepercayaan mahasiswa di UIN KHAS Jember ini belum efektif. Hal ini dilihat dari konsep dan strategi dalam mengukur efektivitas digitalisasi dalam membangun kepercayaan publik diantaranya yaitu komunikasi yang transparan, interaksi dua arah, konten yang relevan dan konsistensi pesan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: MR MUHAMMAD GUFRON
Date Deposited: 13 Nov 2024 08:04
Last Modified: 13 Nov 2024 08:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37006

Actions (login required)

View Item View Item