Kamilia, Noer Diana (2024) Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Jember Pada Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text (SK 64 IPS 2024)
Noer Diana Kamilia_202101090053.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan suatu pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar peserta didik dan merupakan model pembelajaran yang sejalan dengan pembelajaran kurikulum merdeka yaitu kurikulum merdeka menekankan pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik, berorientasi pada kebutuhan belajar dan lingkungan peserta didik. Hal ini terdapat dalam Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional bahwa kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diservesifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik. Pembelajaran berdiferensiasi ini juga menjadi suatu solusi atas permasalahan kesulitan belajar dalam pembelajaran IPS yang disebabkan oleh pendidik menyampaikan materi hanya mengandalkan satu metode belajar saja sehingga kurang dimengerti peserta didik. Dengan demikian, pembelajaran berdiferensiasi ini sangat perlu dilaksanakan pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial agar kebutuhan belajar peserta didik yaitu pada cara belajar, bakat dan minatnya dapat tepenuhi dan tujuan pembelajaran tercapai.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran diferensiasi proses pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Jember tahun pelajaran 2023/2024? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran diferensiasi produk pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Jember tahun pelajaran 2023/2024?
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara, dokumen. Analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Kesimpulan pada penelitian ini bahwa 1) Pelaksanaan pembelajaran diferensiasi proses pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Jember dilakukan dengan pendidik meyampaikan materi menggunakan metode/cara belajar yang berbeda-beda, media pembelajaran yang beragam, pengaturan kegiatan berkelompok, kegiatan latihan yang berbeda-beda sesuai gaya belajar peserta didik. 2) Pelaksanaan pembelajaran diferensiasi produk pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 4 Jember dilakukan dengan memberikan pilihan kepada peserta didik dalam menghasilkan karya/produk terkait materi yang sudah dipelajari, memberikan durasi waktu yang berbeda dalam pembuatan dan pengumpulan karya/produk, serta memberikan tantangan kepada peserta didik untuk mempresentasikan hasil karya/produknya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berdiferensiasi Ilmu Pengetahuan Sosial |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Skripsi Noer Diana Kamilia |
Date Deposited: | 13 Nov 2024 07:47 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 07:47 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37018 |
Actions (login required)
View Item |