Pelaksanaan Asesmen Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran IPS di MTs Negeri 2 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024

Afifah, Shenita Ayu Nur (2024) Pelaksanaan Asesmen Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran IPS di MTs Negeri 2 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK 081 IPS 2024)
Shenita Ayu Nur Afifah_202101090005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Kurikulum merdeka menekankan pada optimalisasi hasil belajar sesuai dengan kapasitas peserta didik. Oleh karena diperlukan model pembelajaran yang berorientasi pada kebutuhan peserta didik. Penilaian peserta didik dalam kurikulum merdeka di desain melalui asesmen awal pembelajaran (diagnostik), assesmen selama proses pembelajaran (formatif) dan assesmen di akhir pembelajaran (sumatif). Assesmen adalah suatu proses atau kegiatan yang sistematis dan berkesinambungan untuk mengumpulkan informasi tentang proses dan hasil belajar peserta didik dalam rangka membuat keputusan-keputusan berdasarkan kriteria dan pertimbangan tertentu.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1)Bagaimana pelaksanaan assesmen diagnostik kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPS di MTs Negeri 2 Banyuwangi tahun pelajaran 2023/2024? 2)Bagaimana pelaksanaan assesmen formatif kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPS di MTs Negeri 2 Banyuwangi tahun pelajaran 2023/2024? 3)Bagaimana pelaksanaan assesmen sumatif kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPS di MTs Negeri 2 Banyuwangi tahun pelajaran 2023/2024?
Tujuan penelitian ini adalah: 1)Mengetahui pelaksanaan assesmen diagnostik kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPS di MTs Negeri 2 banyuwangi tahun pelajaran 2023/2024. 2)Mengetahui pelaksanaan assesmen formatif kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPS di MTs Negeri 2 banyuwangi tahun pelajaran 2023/2024. 3)Mengetahui pelaksanaan assesmen sumatif kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPS di MTs Negeri 2 banyuwangi tahun pelajaran 2023/2024
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasinsumber dan teknik.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Pelaksanaan asesmen diagnostik dilakukan diawal sebelum proses pembelajaran dengan dua cara yaitu asesmen diagnostik kognitif (melalui tes secara lisan) dan asesmen diagnostik nonkognitif (melalui tes menggunakan angket). 2) Pelaksanaan assesmen formatif dilakukan bersamaan dengan proses pembelajaran melalui pemberian tugas diskusi kelompok dan ulangan harian. 3) Pelaksanaan assesmen sumatif dilaksanakan setelah proses pembelajaran berakhir, dilakukan dua kali dalam satu semester yaitu sumatif tengah semester melalui penilaian tengah semester (PTS) dan sumatif akhir semester melalui penilaian akhir semester (PAS) dengan menggunakan bentuk tes tulis berupa bentuk soal pilihan ganda dan uraian singkat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Assesmen Diagnostik, Formatif, dan Sumatif
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: shenita afifah
Date Deposited: 13 Nov 2024 07:50
Last Modified: 21 Nov 2024 02:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37020

Actions (login required)

View Item View Item