Imalia, Putri (2024) Penerapan Budaya Literasi Dalam Menumbuhkan Minat Baca Tulis Siswa Pada Mata Pelajaran Alquran hadits di MTS Mamba'ul Huda Krasak Tegalsari Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text (SK 212 PAI 2024)
SKRIPSI SIDANG REVISI water mark.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Pada era 5.0 minat baca siswa dalam taraf usia Sekolah Menengah perlu ditingkatkan. Mengingat, dalam era sekarang siswa lebih terfokus pada teknologi daripada membaca. Dilansir dari data UNESCO tahun 2023, hanya 0,001% masyarakat Indonesia memiliki minat baca. Hal ini menjadikan Indonesia menjadi urutan kedua dari bawah terkait literasi dunia, yang artinya minat baca di Indonesia tergolong rendah.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana pelaksanaan kegiatan budaya literasi dalam menumbuhkan Minat Baca Tulis Siswa pada mata pelajaran Al-qur’an hadits di MTS Mamba’ul Huda. 2) faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan kegiatan budaya literasi dalam menumbuhkan minat baca tulis siswa pada mata pelajaran Alquran Hadits di MTS Mamba’ul Huda Krasak Tegalsari. 3) Bagaimana hasil (kontribusi) dari pelaksanaan budaya literasi dalam menumbuhkan minat baca tulis siswa pada mata pelajaran Alquran Hadits di MTS Mamba’ul huda Krasak Tegalsari Banyuwangi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan mengenai pelaksanaan kegiatan budaya literasi dalam menumbuhkan minat baca tulis siswa pada mata pelajaran Alquran Hadits di MTS Mamba’ul Huda 2) Mendeskripsikan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan kegiatan budaya literasi dalam menumbuhkan minat baca tulis siswa pada mata pelajaran Alquran Hadits di MTS Mamba’ul Huda Krasak Tegalsari, serta 3) Mendeskripsikan hasil (kontribusi) dari pelaksanaan budaya literasi dalam menumbuhkan minat baca tulis siswa pada mata pelajaran Alquran Hadits di MTS Mamba’ul huda Krasak Tegalsari Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik dan sumber pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian dari skripsi ini adalah : (1) pelaksanaan kegiatan budaya literasi dalam meningkatkan minat baca siswa ini dilakukan dengan a.) Gerakan membaca diperpustakaan, b.) Literasi membaca 10 menit sebelum pembelajaran dimulai, dan c) Pembiasaan budaya literasi pada minggu kedua setiap bulan. (2) Faktor yang mempengaruhi kegiatan tersebut adalah a) faktor diri sendiri, b) Faktor program Kemenag, d) Komitmen kepala madrasah serta e) faktor fasilitas dan sarana prasarana. (3) Hasil (kontribusi) terhadap Alquran hadits adalah a) Mengembangkan generasi sadar literasi, dan b) dapat menghasilkan sebuah karya tulis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Putri I'malia |
Date Deposited: | 13 Nov 2024 07:41 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 08:39 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37024 |
Actions (login required)
View Item |