Manajemen perpustakaan pesantren dalam mewujudkan literasi membaca santri di pondok pesantren Al Mashduqiah Kraksaan Probolinggo

Fatoni, Faizal (2024) Manajemen perpustakaan pesantren dalam mewujudkan literasi membaca santri di pondok pesantren Al Mashduqiah Kraksaan Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK 087 MPI 2024)
SKRIPSI FAIZAL_ Watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Abstrak
Faizal Fatoni, 2024: Manajemen perpustakaan sekolah dalam mewujudkan literasi membaca siswa di pondok pesantren Al mashduqiah Kraksaan Probolinggo.
Kata kunci: Manajemen, Perpustakaan Sekolah, Literasi Membaca.
Dalam mengelola perpustakaan sekolah, manajemen yang bersifat menata dan mengatur pelaksanaan kegiatan diperpustakaan sangatlah penting dalam mencapai tujuan yang efektif dan efesien. Pondok pesantren Al Mashduqiah merupakan lembaga yang menerapkan sistem literasi, selain itu juga menerapkan ekstrakurikuler kepenulisan yang aktif dan juga perpustakaan sekolah pondok pesantren Al Mashduqia juga bekerjasama dengan perpustakaan daerah Kabupaten Probolinggo.
Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana implemenasi manajemen perpustakaan sekolah di pondok pesantren Al Mashduqiah? 2) Bagaimana implementasi program kerja dalam mewujudkan literasi membaca siswa di Pondok Pesantren Al Mashduqiah? Tujuan Dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui manajemen perpustakaan sekolah dalam mewujudkan literasi membaca siswa di pondok pesantren Al Mashduqiah Kraksaan Probolinggo.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualtatif dengan jenis penelitian Deskriptif. Pada penelitian kualitatif ini peneliti ingin mendeskripsikan hasil temuan yang didapat dalam penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Mengenai analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini: 1) Implementasi manajemen perpustakaan sekolah dalam mewujudkan literasi membaca siswa dengan menggunakann strategi (Planning, Organizing, Leading and Controlling). Perencanaan ini dimulai dengan penetapan visi, misi, dan tujuan, program kerja, SOP (Standar Operasional Prosedur) dan Anggaran perpustakaan, Pengorganisasian meliputi penetapan struktur kerja, penetapan staf, dan penetapan tugas, Penggerakan meliputi kepemimpinan, pengarahan, komunikasi, pemberian motivasi, dan penyediaan sarana dan prasarana, dan pengawasannya melalui evaluasi, pelaporan pertanggung jawaban, dan pengawasan. 2) Implementasi program kerja dalam mewujudkan literasi membaca siswa dengan membentuk program kerja seperti, pengadaan bahan pustaka, lomba lomba literasi, membaca sebelum masuk kelas, membuat jadwal kunjungan ke perpustakaan, dan membuat ruangan yang nyaman atau lingkungan yang kondusif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0807 Library and Information Studies > 080799 Library and Information Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Faizal Fatoni
Date Deposited: 13 Nov 2024 08:46
Last Modified: 13 Nov 2024 08:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37027

Actions (login required)

View Item View Item