Upaya Guru Dalam Mengoptimalkan Program Furudhul Ainiyah Siswa MAN Lumajang Tahun pelajaran 2023/2024

Ahyana, Nur Isnani (2024) Upaya Guru Dalam Mengoptimalkan Program Furudhul Ainiyah Siswa MAN Lumajang Tahun pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text (SK 195 PAI 2024)
Nur Isnani Ahyana 205101010003 watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Program furudhul ainiyah merupakan salah satu program unggulan yang
ada di MAN Lumajang, diantaranya terdapat bidang pembinaan Al-Qur’an dan
akhlak. Proses pembinaan Al-Qur’an terdapat upaya guru dalam memudahkan
siswa memahami materi, melatih cara membaca Al-Qur’an dengan baik dan
benar. Dalam pembinaan akhlak upayaguru dalam menanamkan nilai-nilai moral
dalam kehidupan sehari-hari
Fokus penelitian dalam skripsi ini sebagai berikut. 1. Bagaimana upaya
guru dalam mengoptimalkan pembinaan Al-Qur’an program furudhul ainiyah
siswa MAN Lumajang? 2. Bagaimana upaya guru dalam mengoptimalkan
pembinaan akhlak proram furudhul ainiyah siswa MAN Lumajang? Tujuan
penelitian ini sebagai berikut. 1. Untuk mendeskripsikan upaya guru dalam
mengoptimalkan pembinaan Al-Qur’an siswa MAN Lumajang. 2. Untuk
mendeskripsikan upaya guru dalam mengoptimalkan pembinaan akhlak program
furudhul ainiyah siswa MAN Lumajang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Subjek
penelitian ini sebagai berikut. waka kurikulum, ketua program furudhul ainiyah,
guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan,
wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan
adalah analisis model interaktif Miles and Huberman terdapat tiga komponen
yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini sebagai berikut. 1) Upaya guru dalam mengoptimalkan
pembinaan Al-Qur’an program furudhul ainiyah siswa MAN Lumajang yaitu: a)
Pengelompokan siswa sesuai dengan kemampuan baca Al-Qur’an, b) Penerapan
metode yang efektif, meliputi: pertama, menggunakan metode tilawati bagi siswa
yang kategori baca Al-Qur’annya cukup atau kurang (C atau D) selama 3 bulan di
semester satu (ganjil) sedangkan siswa yang kategori baca Al-Qur’annya sudah
baik menggunakan pengajaran metode tilawati dari segi lagu (lagu rast) langsung
menggunakan Al-Qur’an, kedua menggunakan metode tadarus untuk melatih
kelancaran baca Al-Qur’an, ketiga menggunakan metode talaqqi untuk penguatan
makharijul huruf, dan keempat menggunakan metode ceramah dan demonstrasi
untuk pemahaman ilmu tajwid. 2) Upaya guru dalam mengoptimalkan pembinaan
akhlak program furudhul ainiyah siswa MAN Lumajang dengan memiassakasn
siswa salat dhuha berjemaah, penyuluhan pembinaan akhlak, dan penerapan budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun)

Kata Kunci: Upaya Guru, Mengoptimalkan, Furudhul Ainiyah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Nur Isnani Ahyana
Date Deposited: 14 Nov 2024 01:14
Last Modified: 19 Nov 2024 07:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37028

Actions (login required)

View Item View Item