Aini, Qurratul (2024) Penerapan Reinforcement dalam Pembelajaran Membaca Iqro' dengan Bahasa Isyarat Pada Anak Tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Desa Cindogo Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
QURRATUL AINI _201103030019.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Kata Kunci : Iqro’, Bahasa Isyarat, Anak Tunarungu
Setiap muslim memiliki kewajiban untuk mempelajari Al Qur’an, tidak
terkecuali anak tunarungu yang memiliki hambatan pendengaran. Anak di usia 7-
13 tahun rentan produktif dalam belajar sehingga sudah mampu membaca iqro’
akan tetapi fakta yang peneliti temui di lapangan terdapat siswa yang duduk di
bangku SD, SMP, dan SMA masih kesulitan dalam membaca iqro’ yang
didalamnya terdapat susunan huruf hijaiyah yang disebabkan oleh hambatan siswa
dalam mendengar (tunarungu) sehingga dibutuhkan metode-metode khusus untuk
membantu anak tunarungu membaca iqro’ yaitu dengan bahasa isyarat.
Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana penerapan
metode membaca Iqro’ dengan bahasa isyarat pada anak Tunarungu di Sekolah
Luar Biasa Negeri (SLBN) Desa Cindogo Kabupaten Bondowoso? 2) Apa
hambatan yang dialami guru dalam penerapan metode membaca Iqro’ dengan
bahasa isyarat pada anak Tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Desa
Cindogo Kabupaten Bondowoso? 3) Bagaimana hasil dari metode membaca Iqro’
dengan bahasa isyarat pada anak Tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri
(SLBN) Desa Cindogo Kabupaten Bondowoso?
Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan penerapan
metode membaca Iqro’ dengan bahasa isyarat pada anak Tunarungu di Sekolah
Luar Biasa Negeri (SLBN) Desa Cindogo Kabupaten Bondowoso. 2) Untuk
mendeskripsikan hambatan yang dialami guru dalam penerapan metode membaca
Iqro’ dengan bahasa isyarat pada anak tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri
(SLBN) Desa Cindogo Kabupaten Bondowoso. 3) Untuk mendeskripsikan hasil
dari metode membaca Iqro’ pada anak tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri
(SLBN) Desa Cindogo Kabupaten Bondowoso
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis field
research. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru Agama, orang tua
dan Anak Tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Desa Cindogo
Kabupaten Bondowoso.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi
partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber,teknik dan waktu.
Hasil dari penelitian ini adalah, terdapat beberapa metode yang diterapkan
guru pada anak tunarungu yaitu metode ceramah, tanya jawab, resitasi, dan
artikulasi yang terdiri dari metode speech reading, lip reading, identifikasi,
ideovisual, abjad jari, dan multi sensori. Guru mengalami hambatan dalam
memberi pemahaman terhadap siswa tunarungu karena kurangnya keterampilan
guru dalam bahasa isyarat, kesulitan dalam menjaga emosi siswa yang tidak stabil,
serta kurangnya penguatan positif dari orang tua dirumah. Adapun keefektifan
metode membaca iqro’ dengan bahasa isyarat untuk saat ini belum bisa dipastikan
karena efektif tidaknya metode tersebut tergantung dengan keterampilan guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170102 Developmental Psychology and Ageing 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | Qurratul Aini |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 06:19 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 06:19 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37053 |
Actions (login required)
View Item |