Aliyah, Siti Dawi Himatul (2024) Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Melukis Pada Botol Plasti k Bekas Di Kelompok B PAUD ASTER 51 Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas IsIam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text (SK 037 PIAUD 2024)
SKRIPSI_ALIYAH_204101050003.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Siti Dawi Himatul Aliyah, 2024: Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui
Melukis Pada Botol Plastik Bekas Di Kelompok B PAUD Aster 51 Kabupaten
Jember
Kata Kunci: Kreativitas, Botol Bekas, Anak Usia Dini
Mengembangkan kreativitas anak melalui melukis pada botol plastik bekas
merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan kreativitas pada anak usia dini.
Pos PAUD Aster 51 kaliwates Jember sudah menerapkan melukis untuk
mengembangkan kreativitas. Hal tersebut dikarenakan kegiatan melukis pada
botol plastik bekas terlaksana kurang maksimal sehingga kreativitas anak hanya
terpacu pada kegiatan mewarnai, dengan memanfaatkan botol plastik bekas
diharapkan perkembangan kreativitas anak dalam melukis dapat meningkat.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana cara mengembangkan
kreativitas anak di kelompok B PAUD ASTER 51 Kabupaten Jember? 2)
Bagaimana langkah-langkah kreativitas anak melalui melukis dengan botol bekas?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengembangkan kreativitas anak
di kelompok B PAUD ASTER 51. 2) Untuk mengetahui langkah-langkah
mengembangkan kreativitas anak kelompok B di PAUD ASTER 51.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Penentuan sabjek menggunakan teknik purposive. Analisis
data menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan
kesimpulan. Pengumpulan data dengan tiga tahap yaitu wawancara, observasi,
dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi
teknik.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, 1) Mengembangkan
kreativitas anak melalui melukis pada botol plastik bekas, baik untuk
mengembangkan kreativitas anak usia dini, tentunya sebelum kegiatan melukis
dimulai pendidik menyiapkan segala sesuatu seperti mengkondisikan kelas, dan
menyiapkan peralatan. Pembelajaran tersebut bagus di terapkan karena dengan
adanya melukis anak usia dini dapat mengembangkan kreativitas dan imajinasinya
untuk mengeluarkan ide-ide baru yang terbesit dalam imajinasinya. 2) Langkah-
langkah kreativitas anak melalui melukis pada botol plastik bekas, dalam hal ini
pertama guru harus memahami dan melihat karakter dari masing-masing anak lalu
pengenalan. Kedua menjelaskan tentang materi, serta apa saja alat dan bahan yang
digunakan. Ketiga guru menyiapkan alat dan bahan. Keempat arahan, waktu dan
memberikan contoh bagaimana cara melukis pada botol plastik bekas tersebut,
lalu mempersilahkan anak untuk mempraktikkan kegiatan yang sudah dijelaskan
oleh guru. Kelima anak – anak maju ke depan untuk menunjukan hasil karyanya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Siti Dawi Himatul Aliyah |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 06:43 |
Last Modified: | 22 Nov 2024 03:40 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37057 |
Actions (login required)
View Item |