Nurrohmah, Safira (2024) Pengaruh Penerapan Modul IPA Berbasis Etnosains Batik Gajah Oling Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Klasifikasi Tumbuhan Kelas VII Di SMPN 1 Kabat Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.
Text (SK 047 IPA 2024)
SAFIRA NURROHMAH_204101100002.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Safira Nurrohmah, 2024. Pengaruh Penerapan Modul IPA Berbasis Etnosains Batik
Gajah Oling terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Klasifikasi Tumbuhan kelas
VII di SMP Negeri 1 Kabat Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024.
Kata Kunci: Penerapan Modul IPA Berbasis Etnosains Batik Gajah Oling, Hasil
Belajar, Kognitif, Afektif, Psikomotorik.
Pembelajaran IPA dengan melibatkan lingkungan sekitar dapat menciptakan
pemikiran yang seimbang antara pendidikan dengan kebudayaan (kearifan lokal)
dengan keilmuan berpendekatan etnosains. Salah satunya yaitu kearifan lokal di
Banyuwangi batik Gajah Oling yang dapat diintegrasikan dengan materi klasifikasi
tumbuhan. Diperlukan adanya media pembelajaran yang dapat digunakan sebagai
perantara saat pembelajaran yaitu modul yang berbasis etnosains. Modul adalah salah
satu media pembelajaran dalam bentuk buku paket mandiri yang meliputi
serangkaian pengalaman belajar yang direncanakan dan disusun secara sistematis
dengan tujuan membantu siswa agar dapat belajar secara mandiri dalam satuan waktu
tertentu. Hal ini dapat mudah memahami materi dan menambah pengetahuan siswa
tentang kearifan lokal yang dimiliki pada daerah setempat.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan modul IPA
berbasis Etnosains batik Gajah Oling pada materi klasifikasi tumbuhan kelas VII di
SMPN 1 Kabat Banyuwangi? 2) Adakah pengaruh penerapan modul IPA berbasis
Etnosains batik Gajah Oling terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa pada materi
klasifikasi tumbuhan kelas VII di SMPN 1 Kabat Banyuwangi? 3) Adakah pengaruh
penerapan modul IPA berbasis Etnosains batik Gajah Oling terhadap hasil belajar
ranah afektif siswa pada materi klasifikasi tumbuhan kelas VII di SMPN 1 Kabat
Banyuwangi? 4) Adakah pengaruh penerapan modul IPA berbasis Etnosains batik
Gajah Oling terhadap hasil belajar ranah psikomotorik siswa pada materi klasifikasi
tumbuhan kelas VII di SMPN 1 Kabat Banyuwangi?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi
Eksperimen dengan bentuk penelitian Nonequivalent Control Group Design.
Populasi meliputi seluruh siswa kelas VII. Teknik pengambilan sampel
menggunakan Purposive Sampling dengan sampel kelas VII A dan kelas VII B.
Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Teknik analisis data
menggunakan Independent Sample T-Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan modul IPA berbasis
Etnosains batik Gajah Oling dilakukan di kelas eksperimen dengan menggunakan
model pembelajaran Discovery Learning. 2) Ada pengaruh yang signifikan terhadap
hasil belajar kognitif siswa pada materi klasifikasi tumbuhan kelas VII di SMPN 1
Kabat Banyuwangi dengan Independent Sample T-Test posttest sebesar 0,000. 3)
Ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar afektif siswa pada materi
klasifikasi tumbuhan kelas VII di SMPN 1 Kabat Banyuwangi dengan Independent
Sample T-Test sebesar 0,000. 4) Ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar
psikomotorik siswa pada materi klasifikasi tumbuhan kelas VII di SMPN 1 Kabat
Banyuwangi dengan Independent Sample T-Test sebesar 0,000.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060799 Plant Biology not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Safira Nurrohmah |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 06:14 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 06:14 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37070 |
Actions (login required)
View Item |