Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD ( Student Team Achievement Division) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Mayang Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Debi Anggraini, Anis Putri (2024) Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD ( Student Team Achievement Division) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Mayang Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Anis Putri Debi Anggraini _ T20191345.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Kata kunci : Kooperatif tipe STAD, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam.
Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat membuat siswa menjadi bersemangat dan beraktifitas tinggi dalam belajar. Untuk itu diperlukan model pembelajaran yang bisa membantu siswa menjadi lebih bersemangat dalam belajar. Salah satu tipe model pembelajaran kooperatif yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Koperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division). Dalam model pembelajaran ini menekankan pada adanya aktivitas dan interaksi diantara peserta didik. Peserta didik saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal. Dengan menggunakan model pembelajaran STAD akan menciptakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan selama proses pembelajaran bagi peserta didik.

Adapun fokus penelitian meliputi: 1) Bagaimana penerapan Model Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mayang Jember? 2) Apakah Model Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mayang Jember?.

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan Model Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mayang Jember. 2)Untuk mengetahui apakah model kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mayang Jember

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, analisis deskriptif presentase, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik.

Penelitian ini memperoleh hasil: Pembelajaran yang dilaksanakan dengan menerapkan model kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mayang Jember terhadap materi mawas diri dan intropeksi dalam menjalani kehidupan. Pada tahap pra siklus dengan presentase hasil keberhasilan 11% siswa dan 22% siswa pada siklus I kemudian 75% siswa pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian yang lakukan di SMP Negeri 2 Mayang Jember dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) telah mencapai peningkatan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anis Putri Debi Anggraini
Date Deposited: 21 Nov 2024 03:14
Last Modified: 21 Nov 2024 03:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37074

Actions (login required)

View Item View Item