UPAYA MENGENALKAN GERAKAN DAN BACAAN SHOLAT MELALUI METODE PEMBIASAAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL MANAAR KERADENAN PURWOHARJO BANYUWANGI

Rosida, Riza Zulfa (2024) UPAYA MENGENALKAN GERAKAN DAN BACAAN SHOLAT MELALUI METODE PEMBIASAAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL MANAAR KERADENAN PURWOHARJO BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK 036 PIAUD 2024)
Riza Zulfa Rosida 201101050010 Skripsi Asli.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Riza Zulfa Rosida, 2024. Upaya Mengenalkan Gerakan dan Bacaan Sholat Pada
Anak Usia 5-6 Tahun
Kata Kunci: Gerakan dan Bacaan Sholat, Metode Pembiasaan, Anak Usia Dini
Metode pembiasaan merupakan salah satu cara untuk mengenalkan
gerakan dan bacaan sholat di TK Al-Manaar Kradenan. Menggunakan metode
pembiasaan ini lebih efektif dalam mengenalkan gerakan dan bacaan sholat.
Dengan menggunakan metode pembiasaan ini mempermudah anak-anak untuk
mengingatkan gerakan dan bacaan sholat dengan mudah. TK Al-Manaar kradenan
Purwoharjo Banyuwangi sudah melaksanakan pembelajaran dalam mengenalkan
gerakan dan bacaan sholat menggunakan metode pembiasaan.
Fokus penelitian ini adalah bagaimana upaya dalam mengenalkan gerakan
dan bacaan sholat melalui metode pembiasaan pada anak usia 5-6 tahun di TK Al�Manaar Kradenan Purwoharjo Bnyuwangi tahun Ajaran 2023/2024? Sedangkan
untuk tujuan penelitianini untuk mendeskripsikan bagaiman dalam mengenalkan
gerakan dan bacaan sholat melalui metode pembiasaan.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis
penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive.
Analisis data yang di gunakan peneliti adalah Miles dan Huberman yang meliputi
tiga tahap yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Pengumpulan data melalui tiga tahap yaitu wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Keabsahan data menggunakan trianggualasi sumber dan trianggualsi
metode.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dari 13 anak dalam
mengenalakn bacaan sholat 2 anak yang Mulai Berkembang (MB), 5 anak yang
sudah Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan 6 anak yang sudah Berkembang
Sangat Baik (BSB) sedangkan dalam mengenalkan gerakan sholat ada 2 anak
yang Mulai Berkembang (MB), 4 anak yang sudah Berkembang Sesuai Harapan
(BSH) dan 7 anak yang sudah Berkembang Sangat Baik (BSB). Dengan pernyatan
di atas menggunakan metode pembiasaan dalam mengenalkan gerakan dan bacaan
sholat pada anak usia 5-6 tahun di TK Al-Manaar Kradenan bisa dinyatakan
berkembang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Riza Zulfa Rosida
Date Deposited: 18 Nov 2024 07:39
Last Modified: 22 Nov 2024 03:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37077

Actions (login required)

View Item View Item