Wahid, Abdul (2024) INOVASI KURIKULUM DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA (STUDI MULTISITUS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 DAN MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BOJONEGORO). Doctoral thesis, Uin khas jember.
Text
Abdul Wahid.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
Inovasi atau pembaruan kurikulum pendidikan karakter di lembaga
pendidikan formal merupakan langkah taktis guna memutus mata rantai
dekadensi moral dan distorsi ilmu pengetahuan. Inovasi dibutuhkan, karena
kurikulum pendidikan karakter harus berjalan searah dengan perubahan zaman.
Inovasi kurikulum menjadi keniscayaan, sebab industri pendidikan semakin
maju dan berkembang
Fokus penelitian pada disertasi ini yakni; 1) Bagaimama perencanaan
inovasi kurikulum dalam membangun karakter siswa di MAN 1 dan MAN 2
Bojonegoro? 2) Bagaimama pelaksanaan inovasi kurikulum dalam membangun
karakter siswa di MAN 1 dan MAN 2 Bojonegoro? 3) Bagaimama evaluasi
inovasi kurikulum dalam membangun karakter siswa di MAN 1 dan MAN 2
Bojonegoro?. Tujuan penelitian yakni; 1) ingin menganalisis dan
mendiskripsikan perencanaan inovasi kurikulum dalam membangun karakter
siswa di MAN 1 dan MAN 2 Bojonegoro 2) ingin menganalisis dan
mendiskripsikan pelaksanaan inovasi kurikulum dalam membangun karakter
siswa di MAN 1 dan MAN 2 Bojonegoro 3) ingin menganalisis dan
mendiskripsikan evaluasi inovasi kurikulum dalam membangun karakter siswa
di MAN 1 dan MAN 2 Bojonegoro
Sedangkan rancangan penelitian ini menggunakan multisitus yang
berusaha mendeskripsikan suatu latar, objek atau peristiwa tertentu secara rinci
dan medapatkan gambaran yang mendalam tentang inovasi kurikulum
Pendidikan karakter. Lokus yang dipilih adalah MAN 1 dan MAN 2
Bojonegoro. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam,
observasi partisipatif dan studi dokumen. Data data yang terkumpul kemudian
dianalisis dengan teknik; reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Semua data diuji keabsahannya melalui; uji kerdibilitas, uji
transferabilitas, uji dependabilitas dan konfirmabilitas.
Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut; Pertama perencanaan
Inovasi Kurikulum Pendidikan Karakter dilakukan melalaui; 1) analisis inovasi
kurikulum diperlukan karena tiga alasan; amoral, problem keilmuan, distorsi
relevansi dengan kebutuhan masyarakat global. 2) Review kurikulum
menghasilkan tiga hal penting yang dirumuskan, yaitu tentang penetapan
tujuan, metode pembelajaran dan pembaruan materi ajar. Kedua pelaksanaan
inovasi kurikulum pendidikan karakter berbasis spiritualitas dilaksanakan
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership |
Divisions: | Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Tn Atik Yuliana |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 06:18 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 06:18 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37090 |
Actions (login required)
View Item |