Hasanah, Evitul (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VII-B DI SMP NEGERI 1 TENGGARANG BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.
Text (SK 067 IPS 2024)
SKRIPSI EVITUL HASANAH__201101090012.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (12MB) |
Abstract
Kata Kunci : Implementasi, Project Based Learning, Berpikir Tingkat Tinggi
Perkembangan teknologi dan globalisasi menuntut dunia pendidikan untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills) pada siswa. Di SMPN 1 Tenggarang, metode pembelajaran masih didominasi oleh penggunaan metode ceramah dalam implementasi pembelajaran serta minimnya penggunaan media yang variatif menunjukkan bahwa pengembangan HOTS, khususnya dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), belum optimal. Model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) diusulkan sebagai solusi yang efektif, dengan menekankan keterlibatan aktif siswa dalam tugas-tugas nyata guna meningkatkan keterampilan berpikir Tingkat Tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas PjBL dalam meningkatkan HOTS siswa IPS kelas VII-B di SMPN 1 Tenggarang.
Rumusan masalah penelitian ini 1) Bagaimana Implementasi model pembelajaran Project Based Learning dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas VII-B di SMP Negeri 1 Tenggarang Bondowoso Tahun Pelajaran 2023/2024?, 2) Bagaimana peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas VII-B di SMP Negeri 1 Tenggarang Bondowoso Tahun Pelajaran 2023/2024?
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan implementasi model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pembelajaran IPS pada siswa kelas VII-B di SMPN 1 Tenggarang Bondowoso Tahun Pelajaran 2023-2024, 2) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas VII-B di SMPN 1 Tenggarang Bondowoso Tahun Pelajaran 2023-2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif melalui metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berfokus pada peningkatan keterampilan berpikir siswa kelas VII-B SMPN 1 Tenggarang Bondowoso. Mengadaptasi model Kemmis dan McTaggart, penelitian ini melibatkan observasi langsung untuk mengumpulkan data terkait sikap dan hasil belajar siswa selama penerapan metode Project Based Learning (PjBL). Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas VII-B di SMP Negeri 1 Tenggarang Bondowoso Tahun Pelajaran 2023/2024, Hal ini dibuktikan Pada siklus pertama, implementasi PjBL menunjukkan hasil positif, meskipun beberapa siswa memerlukan perhatian lebih. Mayoritas siswa berhasil mencapai ketuntasan belajar, mendukung hipotesis bahwa PjBL dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Pada siklus kedua, peningkatan signifikan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran, serta penggunaan sumber daya yang memadai, meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa secara signifikan, dengan 89,47% siswa mencapai ketuntasan. Hasil ini menegaskan potensi besar PjBL dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160701 Clinical Social Work Practice 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160799 Social Work not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | S.Pd Evitul Hasanah |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 08:52 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 08:52 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37092 |
Actions (login required)
View Item |